Disindir Haruna Soemitro, Penerjemah Shin Tae-yong Ikut Pasang Badan

Penerjemah di Timnas Indonesia, Jeong Seok-seo, ikut membela atasannya, Shin Tae-yong, yang menjadi korban sindiran anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro, baru-baru ini.

Sebagaimana diketahui, Anggota Exco PSSI sekaligus petinggi Madura United, Haruna Soemitro, menyedot perhatian setelah mengungkapkan pendapatnya di sebuah podcast yang kemudian diunggah ke YouTube.

Ada banyak topik yang dibahas oleh Haruna dalam momen tersebut, mulai dari match fixing, naturalisasi, performa Timnas Indonesia, judi bola, hingga kiprah Shin Tae-yong.

Menurut Exco PSSI itu, timnas tidak butuh Shin Tae-yong jika hanya jadi runner-up di Piala AFF 2020. Seperti yang diketahui, skuad Garuda menjadi runner-up setelah kalah agregat 2-6 dari Thailand di babak final.

“Apapun di sepak bola, tanpa prestasi itu nothing. Jadi, mau di PSSI mau di klub yang paling pertama orang lihat adalah prestasi. Proses tidak dilihat, Meskipun proses bagus. Tadi kami diskusi dengan Shin Tae-yong. Mengapa proses di kita seperti ini,” ujar Haruna Soemitro dilansir dari YouTube JPNN.COM.

Pernyataan Haruno Soemitro yang kontroversial ini rupanya juga membuat Jeong Seok-seo mendidih. Dirinya ikut memberikan pembelaan dan mendukung Shin Tae-yong tetap bertahan di Timnas Garuda.

Hal ini ditunjukkan lewat beberapa unggahan Jeong Seok-seo di Instagram Story di akun Instagram-nya pada Selasa (18/01/22), dengan meramaikan taggar #STYSTAY dan slogan “In STY We Trust”.

Bukan hal yang mengherankan. Jeong Seok-seo sejatinya juga ikut menjadi korban sindiran halus namun menyakitkan dari Haruna Soemitro di acara podcast tersebut.

Saat itu, Haruna Soemitro menilai bahwa penerjemah Shin Tae-yong tidak paham konteks yang disampaikan PSSI, sehingga membuat Shin Tae-yong selalu berbeda pendapat.

“Itu kan berarti bisa jadi translator tidak memahami konteks kita, atau dia paham konteks, tapi tidak bisa mengungkapkan dengan cara baik,” ujar Haruna lagi.

Jeong Seok-seo, pemuda kelahiran Korea Selatan yang sudah 12 tahun menetap di Indonesia, tentunya merasa tidak terima dengan pernyataan sarkastik Haruno Soemitro.

Dirinya bahkan sempat memberi kode bakal meninggalkan Timnas Indonesia yang diduga kecewa karena dinilai tidak kompeten menjalankan tugasnya.

Jeong Seok-seo memang akan mengakhiri masa kontraknya bersama Timnas Indonesia di bulan Januari ini. Namun kabar baiknya, PSSI sudah memutuskan untuk memperpanjang masa kerjanya sebagai penerjemah Shin Tae-yong.