Piala Asia Wanita 2022, Hak Bertanding Vietnam Terancam Dicabut

Hak bertanding Vietnam di Piala Asia Wanita 2022 terancam dicabut karena skuad mereka bermasalah.

Menurut info dari Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF), pada 15 Januari 2022, beberapa anggota timnas putri Vietnam sudah bertolak ke India dari Spanyol.

Namun, dalam perjalanan tersebut, hanya ada 10 anggota skuad yang diangkut, enam di antaranya merupakan pemain.

Padahal, total skuad timnas putri Vietnam ada 33. Sisanya tidak bisa terbang ke negara tuan rumah Piala Asia Wanita 2022 itu karena tak memenuhi syarat kesehatan untuk naik ke pesawat.

Kloter pertama timnas putri Vietnam mendarat di India pada 16 Januari waktu setempat dan langsung menjalani tes kesehatan.

Selepas itu, skuad timnas putri langsung menuju Hotel Hyatt yang terletak di Kota Pune, India.

Semua anggota timnas putri Vietnam wajib mengisolasi diri di kamar masing-masing sampai hasil tes Covid-19 keluar.

Soal anggota timnas putri Vietnam yang tersisa di Spanyol, mereka akan menyusul dalam dua penerbangan berbeda, yakni pada 17 dan 19 Januari mendatang.

Mereka yang memenuhi syarat bisa bertolak dari Spanyol untuk bergabung dengan rekan-rekannya yang sudah tiba lebih dulu di India.

Melansir media Vietnam, Lao Dong, Senin (17/1/2022), saat ini, skuad yang tersisa di Spanyol dalam kondisi stabil.

Kondisi mereka terus dipantau oleh dua dokter yang memang ditugaskan untuk memantau kondisi para pemain dan anggota tim lainnya.

Sekretaris Jenderal VFF Le Hoai Anh berharap skuad timnas putri Vietnam sudah lengkap sebelum pertandingan pertama di Piala Asia Wanita 2022.

Diharapkan, sebelum laga pertama melawan tim Korea (21 Januari), tim putri Vietnam sudah bisa berkumpul sepenuhnya di India dan mampu bertanding,” ucap Le Hoai Anh.

Menurut regulasi AFC, tim peserta Piala Asia Wanita harus memastikan minimal 18 pemain dan maksimal 23 pemain tersedia di dalam daftar skuad.

AFC bisa saja mencabut hak bertanding Vietnam di Piala Asia 2022 apabila masalah di skuad arahan Mai Duc Chung tersebut belum teratasi.

Piala Asia Wanita 2022 akan digelar di India pada 20 Januari sampai 6 Februari 2022.

Timnas putri Vietnam di Grup C bersama Korea Selatan, Jepang, dan Myanmar.

Pada laga pertama, Vietnam akan bertanding melawan Korea Selatan (21 Januari) sebelum menghadapi Jepang (24 Januari), dan Myanmar (27 Januari).

Sementara itu, timnas putri Indonesia akan mengawali perjuangan di Piala Asia 2022 dari Grup B.

Garuda Pertiwi bersaing dengan Australia, Filipina, dan Thailand untuk finis di posisi dua besar demi tiket perempat final.