Hasil Liga 1: Bhayangkara FC Tekuk Persebaya Surabaya 2-1

Laga pekan ke-20 antara Bhayangkara FC vs Persebaya Surabaya berakhir dengan skor 1-2. Gol dari Malvin Platje dan Ezechiel N Douassel pada babak kedua membalikkan keadaan setelah Persebaya Surabaya sempat unggul 1-0 pada babak pertama lewat gol Taisei Marukawa.

Bhayangkara FC melakukan sejumlah rotasi pemain pada laga kali ini. Pelatih Paul Munster membangkucadangkan Adam Alis yang biasanya selalu menjadi pilihan utama di sektor gelandang. Posisi Alis diisi oleh Teuku Ichsan yang lebih berkarakter bertahan untuk menemani Evan Dimas dan Lee Yu-Jun.

Di lini depan, Ezechiel Ndouassel ditemani oleh eks pemain Bali Untied Melvin Plajte dan mantan pemain Persebaya Andik Vermansyah.

Sementara Persebaya Surabaya turun dengan nyaris kekuatan terbaiknya. Pelatih Aji Santoso hanya menyimpan Ricky Kambuaya di bangku cadangan. Posisi Kambuaya diisi oleh M Hidayat dan Alwi Slamat.

Aji juga belum memainkan pemain asing barunya, Arsenio Valpoort. Dia lebih memilih trio Taisei Marukawa, Bruno Moreira dan Samsul Arif Munip sebagai trisula lini depan timnya.

Pada awal babak pertama Persebaya Surabaya langsung menggebrak. Pertandingan belum genap satu menit, skuad Bajul Ijo langsung mendapatkan peluang emas. Sayangnya umpan silang Bruno Moreira tak mampu dikonversi menjadi gol oleh penyerang Samsul Arif Munip. Sundulan yang dilakukan pemain berusia 37 itu masih menyamping di sisi kanan gawang yang dikawal oleh Awan Setho.

Semenit berselang, Samsul kembali mendapatkan peluang. Memanfaatkan bola muntah tendangan Marselino Ferdinan yang membentur bek Bhayangkara FC Hansamu Yama Pranata, Samsul melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayangnya bola masih mengarah tepat ke pelukan penjaga gawang Awan Setho.

Bhayangkara FC pun sempat mendapatkan dua peluang melalui Ezechiel Ndouassel. Selain karena penyelesaian akhir yang belum sempurna, peluang mantan penyerang Persib Bandung itu juga terbuang karena dianggap sudah dalam posisi off-side.

Hansamu Yama Pranata juga gagal mengarahkan bola ke gawang Persebaya Surabaya saat terjadi kemelut di kotak penalti pada menit ke-16. Bola tendangannya masih melambung di atas mistar gawang.

Penjaga gawang Andika Ramadhani melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-19. Dia berhasil menahan tendangan Ndouassel yang menerima umpan terobosan dari Melvin Platje.

Dua menit berselang, Awan Setho yang harus melakukan penyelamatan gemilang. Setho harus terbang untuk menahan tembakan dari luar kotak penalti yang dilepaskan Samsul Arif.

Persebaya akhirnya mencetak gol pada masa tambahan waktu babak pertama. Gelandang Taisei Marukawa melakukan aksi solo setelah merebut bola dari Ndouassel. Dia membawa bola sendirian dan melewati beberapa pemain belakang Bhayangkara FC hingga ke kotak penalti.

Pemain berusia 24 tahun asal Jepang itu pun melepaskan tembakan mendatar dari sudut sempit yang tak mampu dihalau oleh Awan Setho. Skor 0-1 menutup babak pertama laga Bhayangkara FC vs Persebaya Surabaya.

Bhayangakara FC mencoba bermain lebih agresif pada babak kedua dengan masuknya Wahyu Subo Seto menggantikan Lee Yuu-juun.

Tujuh menit babak kedua berjalan, Aji Santoso pun melakukan dua pergantian sekaligus. Dia menarik keluar Samsul Arif dan M Hidayat untuk memasukkan Arsenio Vaalport dan Rachmat Irianto.

Ricky Kambuaya pun masuk enam menit kemudian. Aji menarik Alwi Slamat yang tampak sudah kelelahan.

Pada menit ke-60, Ady Setiawan nyaris membuat Persebaya menggandakan keunggulan. Dia melepaskan tendangan voli memanfaatkan bola sapuan pemain Bhayangkara FC yang tak sempurna saat mencoba menghalau umpan silang Marukawa. Akan tetapi bola tendangan Ady masih bisa ditepis oleh Awan Setho.

Arsenio membuang peluang emas pada menit ke-64. Mendapatkan umpan silang mendatar dari Ricky Kambuaya, sepekan pemain asal Belanda itu di depan gawang hanya menerpa angin meskipun tak mendapatkan kawalan ketat dari pemain belakang Bhayangkara FC.

Paul Munster akhirnya memasukkan Adam Alis pada menit ke-66. Alis menggantikan Andik Vermansyah.

Bhayangkara FC yang lebih banyak menguasai bola pada babak kedua tak bisa membongkar pertahanan Persebaya Surabaya yang tampil sangat disiplin. Mereka bahkan cukup kewalahan menghadapi serangan balik skuad Bajul Ijo.

Upaya Bhayangkara FC untuk menyamakan kedudukan akhhirnya berbuah hasil pada menit ke-72. Umpan panjang dari Sani Rizki ditanduk ke belakang oleh Ezechiel Ndouassel yang membelakangi gawang. Melvin Platje yang menusuk ke dalam kotak penalti berhasil mencongkel bola untuk melewati penjaga gawang Andika Ramadhani.

Skor imbang membuat Persebaya Surabaya kembali lebih bermain terbuka. Mereka mampu mendominasi penguasaan bola dan mengancam pertahanan Bhayangkara FC.

Akan tetapi Bhayangkara FC yang berhasil membalikkan kedudukan pada menit ke-86. Ezechiel N Douassel berhasil menyundul bola umpan silang dari Anderson Salles.

Pada akhir pertandingan, Ricky Kambuaya mendapatkan kartu merah setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Awan Setho. Upaya Persebaya untuk menyamakan kedudukan pun akhirnya pupus setelah wasit menipu peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Hasil 2-1 laga Bhayangkara FC vs Persebaya Surabaya itu membuat The Guardian kembali ke puncak klasemen BRI Liga 1 dengan perolehan 43 angka. Sementara Persebaya Surabaya tetap berada di posisi keempat dengan 39 angka. (Tempo)

Berikut susunan pemain awal laga Bhayangkara FC vs Persebaya Surabaya:

Bhayangkara FC (4-3-3): Awan Setho; Sani Rizki Fauzi, Hansamu Yama, Anderson Salles, Ruben Sanadi; Teuku Ichsan, Evan Dimas, Lee Yu-Jun; Andik Vermansyah, Ezechiel N Douassel, Melvin Platje

Persebaya Surabaya (4-3-3): Andika Ramadhani; Reva Adi Utama, Rizky Ridho, Arif Satria, Ady Setiawan; M Hidayat, Marselino Ferdinan, Alwi Slamat; Taisei Marukawa, Samsul Arif, Bruno Moreira