Rapor Pemain di Bawah 20 Tahun Persebaya hingga Pekan ke-19 Liga 1 2021-2022

Persebaya Surabaya selalu tampil percaya diri di setiap pertandingan Liga 1 2021-2022 sekalipun banyak dihuni pemain muda.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, memang tak ragu untuk memanggil pemain muda untuk memperkuat timnya.

Setiap kesempatan yang diberikan pun coba dijawab para pemain muda Persebaya dengan penampilan maksimal.

Setidaknya untuk Liga 1 2021-2022, Persebaya memiliki tujuh pemain yang berusia di bawah 20 tahun, menurut data transfermarkt.

Dari ketujuh pemain, hanya Rui Aryanto dan Fernando Pamungkas yang tidak pernah masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) Persebaya.

Sementara itu ada satu pemain yang masuk dalam DSP Persebaya, namun belum mendapat kesempatan bermain, yakni Dicky Kurniawan.

Pemain berusia 19 tahun tersebut setidaknya sudah delapan kali duduk di bangku cadangan tim berjuluk Bajul Ijo ini pada Liga 1 2021-2022.

Sementara empat pemain lainnya, Ernando Ari, Marselino Ferdinan, Supriyadi dan Akbar Firmansyah, sudah cukup banyak mendapat kesempatan bermain.

Ernando Ari pada awal musim ini merupakan kiper utama yang dipilih Aji Santoso untuk mengawal gawang Persebaya. Ia tampil penuh di lima laga pertama.

Ia kemudian absen membela Bajul Ijo, namun karena alasan mendapatkan panggilan membela timnas Indonesia.

Sejak pekan keenam Liga 1 2021-2022 hingga sekarang, Ernando Ari hanya menambah empat penampilan bersama Persebaya.

Dari total sembilan penampilannya, ia mencatatkan empat cleansheet dan kebobolan sembilan gol.

Kiper berusia 19 tahun ini memang harus berjuang lagi untuk mendapatkan tempat utama di Persebaya, karena Aji Santoso mulai menaruh kepercayaan ke Andhika Ramadhani.

Kiper timnas U-23 Indonesia, Ernando Ari jelang laga uji coba skuad Garuda Muda kontra Tajikistan pada 19 Oktober 2021.

Kiper timnas U-23 Indonesia, Ernando Ari jelang laga uji coba skuad Garuda Muda kontra Tajikistan pada 19 Oktober 2021. PSSI.org

Selain itu, Persebaya juga cukup sering memainkan Marselino Ferdinan di lini tengah. Menit bermain gelandang berusia 17 tahun ini mencapai 797 menit.

Ia selalu menjadi pilihan pertama Aji Santoso dalam tujuh pertandingan terakhir Persebaya di Liga 1 2021-2022.

Kepercayaan tersebut pun dibayar tuntas oleh Marselino Ferdinan dengan sumbangan empat gol dan lima assist.

Kemudian ada Supriyadi. Pemain yang pernah membela timnas U-19 Indonesia ini masih harus berjuang lebih keras untuk mendapatkan menit bermain di Persebaya.

Dari 19 pertandingan yang telah dilakoni Bajul Ijo, Supriyadi baru mendapatkan tujuh kali kesempatan bermain, dan banyak di antaranya sebagai pemain pengganti.

Akbar Firmansyah ketika mencetak gol pada laga uji coba Persebaya jelang Liga 1 2021-2022.

Dalam dua penampilan terakhirnya, ia hanya mencatatkan dua menit bermain. Di Liga 1 2021-2022, Supriyadi sudah bermain selama 150 menit.

Terakhir, ada Akbar Firmansyah sudah tampil sebanyak delapan kali untuk Persebaya. Ia terus mendapat kesempatan bermain di setiap seri Liga 1 2021-2022.

Akbar hanya belum dimainkan pada seri keempat yang digelar di Bali. Dalam dua laga terakhir, ia hanya menjadi penghangat di bangku cadangan.