Hasil Drawing Piala AFC 2022: PSM Makassar Langsung Fase Grup, Bali United Masuk Grup G

Kabar gembira buat PSM Makassar, Juku Eja batal menjalani play-off Piala AFC 2022 dan otomatis langsung lolos ke fase grup karena ada dua tim dari Vietnam dan Filipina yang mengundurkan diri.

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) melaksanakan drawing grup untuk gelaran kompetisi kontinental kasta kedua edisi 2022 itu, yang dilaksanakan secara virtual, Senin (17/1) sore WIB.

PSSI mengirimkan dua tim untuk mewakili Indonesia, dengan Bali United diundi masuk Grup G, sementara PSM menghuni Grup H dan bakal bertemu bekas pelatihnya, Bojan Hodak.

Mengingat pembatalan Liga 1 2020 akibat pandemi Covid-19, dan musim 2021/22 belum selesai digelar, Serdadu Tridatu dipercaya melenggang ke Piala AFC sebagai juara bertahan Liga 1 2019.

Sementara PSM dipercaya menjadi wakil Indonesia untuk bermain di Piala AFC karena menjuarai Piala Indonesia 2019 dan merujuk hasil Club Licensing Cycle 2021.

Pasukan Joop Gall awalnya mesti melalui play-off terlebih dahulu sebelum masuk putaran grup.

Tetapi klub Vietnam, Than Quang Ninh, terpaksa mundur karena kesulitan finansial, sementara tim asal Filipina, Azkals Development Team, tidak mengantongi lisensi AFC, sehingga membuka jalan bagi PSM untuk lolos ke fase grup.

Meski begitu, Juku Eja diprediksi bakal mengemban tugas berat. PSM mesti meladeni Tampines Rovers, klub kenamaan yang pernah lima kali juara S League atau Liga Singapura.

Mereka juga bakal berhadapan dengan juara bertahan Liga Myanmar, Shan United, dan kampiun Piala Malaysia 2021, Kuala Lumpur City FC – yang juga dilatih oleh mantan pelatih mereka, Bojan Hodak.

Sementara itu di Grup G, Serdadu Tridatu bakal ditantang runner-up Liga Super Malaysia 2021, Kedah Darul Aman, dan runner-up Liga Filipina 2020, Kaya-Iloilo.

Bali United juga akan masih menghadapi salah satu dari Visakha FC (Kamboja) dan Young Elephants (Laos), yang bakal saling bentrok di play-off.

Fase grup Piala AFC 2022 untuk wilayah ASEAN, Asia Tengah, dan Asia Timur bakal dimulai pada 24 Juni, sedangkan Asia Selatan dan Asia Barat pada 18 Mei nanti.
Hasil lengkap drawing fase grup Piala AFC 2022

Zona Barat

Grup A: Al-Ansar, Al-Seeb Club, Jableh, Kuwait Club

Grup B: Al-Riffa, Shabab Al-Khalil, Dhofar Club, Arabi Club

Grup C: Tishreen, Nejmeh, East Riffa, Hilal Alquds

Zona Selatan

Grup D: Gokulam Kerala, Bashundhara Kings, Maziya Sports & Recreation, pemenang play-off.

Zona Tengah

Grup E: FC Nasaf Qarshi, Altyn Asyr FC, FC CSKA, PFC Neftchi

Grup F: FC Khujand, FC Dordoi, Kopetdag

Zona ASEAN

Grup G: Kaya-Iloilo, Bali United, Kedah Darul Aman, pemenang play-off

Grup H: Kuala Lumpur City, Shan United, Tampines Rovers, PSM Makassar

Grup I: Viettel, Hougang United, Phnom Penh Crown, Hantharwady United

Zona Timur

Grup J: Eastern Long Lions, Must CPK, Tainan City, pemenang play-off