PSSI Targetkan 4 Pemain Keturunan di Eropa Bisa Bela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

Empat pemain keturunan Eropa masih diproses untuk menjadi WNI. Target PSSI, mereka bisa membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Keempatnya adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Ragnar Oratmangoen.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani menargetkan naturalisasi empat pemain keturunan itu rampung sebelum Juni 2022.

Naturalisasi keempatnya berasal dari permintaan pelatih Shin Tae-yong demi memenuhi target PSSI untuk Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong dituntut untuk menjuarai turnamen level Asia Tenggara (ASEAN) mencakup Piala AFF atau SEA Games sebelum kontraknya bersama Timnas Indonesia tuntas pada Desember 2023.

Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Ragnar Oratmangoen diharapkan telah dapat bermain ketika Timnas Indonesia berkancah di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 8-14 Juni 2022.

“PSSI menargetkan keempat pemain itu bisa membela Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni 2022,” kata Hasani dalam akun Instagramnya, @hasaniabdulgani, Sabtu (15/1/2022).

Hasani mengungkapkan dokumen Sandy Walsh dan Jordi Amat telah diproses oleh PSSI. Namun, pihaknya belum menerima dokumen dari Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen.

Hasani mengatakan bahwa dokumen Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen baru akan dikirimkan pada bulan depan berdasarkan komunikasi dengan agen keduanya.

“Kepada pecinta sepak bola nasional, khususnya pendukung Timnas Indonesia. Kami sedang bekerja untuk secepatnya dapat menyelesaikan soal pemain keturunan,” jelas Hasani.

“Sementara dokumen Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah dikirim dari agen di Eropa kepada PSSI dan saat ini sedang diproses tim legal.”

“Mudah-mudahan minggu depan sudah ada kabar, apakah dokumennya sudah komplet atau masi perlu tambahan. Untuk Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen, janji agennya bakal mengirimkan dokumen pada Februari 2022,” tutur Hasani.