Piala Asia Wanita: Zahra Muzdalifah Tak Gentar Lawan Australia

Zahra Muzdalifah menegaskan Timnas Indonesia Wanita tak gentar melawan Australia di Piala Asia Wanita 2022. Negeri Kangguru akan menjadi lawan pertama di India.

Indonesia masuk Grup B bersama Australia, Thailand, dan Filipina. Australia akan menjadi lawan pertama pada 21 Januari, Thailand kedua pada 24 Januari, dan Filipina ketiga pada 27 Januari.

Australia jelas akan menjadi lawan tangguh buat Indonesia karena diperkuat banyak pemain yang main di Inggris. Ada Sam Kerr (Chelsea), Lydia Williams, Caitlin Foord, dan Steph Catley (Arsenal), Tameka Yallop dan Mackenzie Arnold (West Ham United), Alanna Kennedy dan Hayley Raso (Manchester City), Emily Gielnik (Aston Villa), hingga Kyah Simon (Tottenham Hotspur).

Sebaliknya Indonesia malah diperkuat mayoritas pemain-pemain yang minim pengalaman. Dari 23 pemain yang didaftarkan, hanya empat di antaranya yang tercatat punya klub.

Meski begitu, Zahra Muzdalifah mengaku tak gentar dengan Australia. Pemain andalan Timnas Wanita itu berjanji akan memberikan perlawan terbaik melawan Australia.

“Mereka sama-sama makan dengan apa yang kami makan, kenapa harus takut? Bedanya mereka lebih berpengalaman saja, mereka lebih berkembang sepakbola wanitanya,” kata Zahra kepada wartawan.

“Dari kecil mereka terdidik sepakbolanya, berbeda dengan kami. Jadi mereka bisa dibilang lebih pintar,” ujarnya menambahkan.

Terlepas dari itu, Zahra mengaku realistis pada gelaran Piala Asia mendatang. Timnas Wanita menjadi yang paling minim pengalaman dari Grup B.

Australia dan Thailand tergolong sebagai lawan berat karena punya pengalaman bermain di Piala Dunia Wanita. Sementara Filipina sudah tampil pada Piala Asia edisi sebelumnya.

“Ini pertama kalinya lagi kami bisa lolos Piala Asia, sudah sesuatu yang wow banget buat Indonesia dan sepakbola wanita di Indonesia, karena kita nggak tahu kapan bisa main lagi di Piala Asia,” tuturnya.

“Kami mau masuk tiga besar saja dari fase grup. Target pribadi pasti ada, kalau untuk kuantitas ya bisa mencetak gol ke gawang Australia,” ucapnya.