Beda Sikap Pelatih Timnas Putri Indonesia terhadap Tiga Lawan di Grup B Piala Asia Wanita 2022

Pelatih timnas putri Indonesia, Rudy Eka Priyambada, tak gentar dengan lawan-lawan yang akan dihadapi anak asuhnya pada babak penyisihan Grup B Piala Asia Wanita 2022.

Bahkan, Rudy Eka Priyambada sudah mengincar dua kemenangan saat timnas putri Indonesia berjumpa Thailand dan Filipina.

“Kami bisa mengambil poin penuh saat melawan Thailand dan Filipina,” kata Rudy Eka di Stadion Madya, Senayan, Kamis (13/1/2022).

Sementara itu, Rudy Eka menyebut bahwa timnya memilih untuk bersikap realistis ketika berjumpa lawan yang paling tangguh di Grup B, yakni Australia.

Menurut pelatih berusia 39 tahun itu, Australia merupakan salah satu negara paling tangguh di dunia sepak bola putri.

Apalagi, mereka juga berstatus sebagai jawara Piala Asia Wanita edisi 2010. Situasi ini bertambah sulit karena banyak pemain Australia yang berkarier di Eropa.

Saat ini, para pemain asal Negeri Kanguru banyak tersebar di tim-tim kuat seperti Manchester City, Arsenal, Tottenham Hotspur, Chelsea, hingga Lyon

“Bagaimana pun kami realistis. Banyak pemain Australia yang saat ini berkarier di Liga Inggris,” kata Rudy Eka.

Kendati begitu, Rudy Eka tetap merasa optimistis karena anak asuhnya menunjukkan perkembangan positif selama pemusatan latihan.

Yang terbaru, mereka sukses menghantam tim putri Persib Bandung dengan skor sepuluh gol tanpa balas pada laga uji ciba di Stadion Madya, Senayan, Kamis (13/1/2022).

“Ada peningkatan luar biasa. Kolektivitas, kerja sama, fisik para pemain bagus. Pada dasarnya, kami siap ke Piala Asia Wanita,” ujarnya.

Saat ini, pemain timnas putri Indonesia tengah mematangkan persiapan pada pemusatan latihan di Jakarta menjelang kejuaraan Piala Asia Wanita 2022.

Rencananya, rombongan skuad Garuda Pertiwi akan bertolak ke India pada 16 Januari 2022. Gelaran Piala Asia Wanita 2022 akan berlangsung di India pada 20 Januari hingga 6 Februari 2022.

Zahra Muzdalifah dan kawan-kawan yang tergabung di Grup B akan bersaing dengan Australia, Filipina, dan Thailand di fase penyisihan grup.