Persis-Pemkot Solo Bakal Berkolaborasi untuk Sport Tourism

Lolos Liga 1 dan juara Liga 2 membuat Persis Solo terus berupaya untuk memperluas bisnisnya. Yang terbaru adalah menghadirkan sport tourism yang sudah dibahas bersama.

“Jadi kita mau bikin, aset Persis sebagai bagian dari destinasi wisata. Jadi orang datang ke Solo, bisa menikmati experience sepakbola dan wisatanya,” ujar Media Officer Persis Solo Bryan Barcelona kepada detikcom, Jumat (14/1/2022).

Spot yang sedang direncanakan, lanjut Bryan, adalah Sriwedari, Manahan dan juga Persis Store. Untuk detailnya, Sriwedari direncanakan sebagai museum mengenai Persis Solo.

“Kami ingin jadikan Sriwedari sebagai museum perjalanan Persis. Jadi kilas balik sejarah klub bisa ke sana. Kemudian Manahan sebagai homebase, bisa dilakukan semacam Stadium Tour. Untuk industri sepakbola modern, bisa dilihat di Persis Store dan Cafe,” ucapnya.

Bryan juga menyampaikan, bahwa rencana ini sudah dibahas bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Diharapkan, rencana ini bisa segera terealisasi.

“Tahun ini kami mau koordinasi dengan pihak terkait untuk plannya. Ya secepatnya,” pungkasnya.

Terpisah, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi langkah Persis Solo yang akan menghadirkan sport tourism.

“Wisata olahraga sejalan dengan pemerintah, sport tourism bagus. Sudah ada pembicaraan, kita siap dan sediakan venue,” katanya.

Menurutnya, Persis mempunyai potensi besar untuk menghadirkan wisata olahraga. Terlebih, dengan lolosnya Persis ke Liga 1.

“Potensinya besar, belum eksplore semua, Liga 1, akademiya ramai banget, sepak bola putri ramai,” kata Gibran.