Ricky Kambuaya Siap Kembali Perkuat Persebaya, Alie Sesay Masih Absen

Persebaya Surabaya mendapat kabar gembira jelang pertandingan kontra PSM Makassar. Mereka bisa memainkan Ricky Kambuaya dalam laga pekan ke-19 BRI Liga 1 2021/2022 itu di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (14/1/2022), tapi kabar buruknya, mantan bek Arsenal dan Leicester City Alie Sesay belum bisa tampil.

Sebelumnya, Ricky Kambuaya harus pulang ke kampung halamannya di Sorong, Papua Barat. Kabarnya, pemain berusia 25 tahun itu bakal menerima penghargaan dari pemerintah daerah berkat penampilan apiknya di Piala AFF 2020.

Hal itu memaksa pemain berusia 25 tahun itu absen saat timnya menang 3-2 atas Persikabo 1973 pada pekan lalu (10/1/2022). Namun, Ricky Kambuaya sudah mulai ikut berlatih bersama timnya mulai hari ini, Kamis (13/1/2022).

“Ricky Kambuaya sudah ada di tim. Dia salah satu pemain yang tercatat dari 21 pemain yang akan kami daftarkan,” kata Aji Santoso, pelatih Persebaya.

Keberadaan Ricky tentu akan sangat membantu kekuatan Persebaya Surabaya yang ingin menundukkan PSM. Mereka mengusung misi balas dendam setelah kalah 1-3 dari tim berjulukan Juku Eja itu pada putaran pertama lalu (18/9/2021).

Di sisi lain, Persebaya tidak bisa memainkan bek asing Alie Sesay yang harus menjalani karantina di Jakarta. Dia baru tiba dari negara asalnya Sierra Leone usai mengikuti TC bersama timnas jelang persiapan Piala Afrika 2021.

Alie Sesay sebenarnya merupakan andalan di lini belakang Persebaya musim ini, tampil sebanyak 13 laga dan mampu membantu Bajo Ijo mencatatkan lima clean sheet sepanjang seri ketiga Liga 1.

Kontribusinya cukup mengesankan. Alie Sesay mampu membantu Persebaya bersaing di papan atas klasemen sementara. Tim Bajul Ijo itu kini bertengger di peringkat keempat dengan mengumpulkan 36 poin dari 19 pertandingan sejauh ini.

Duetnya bersama Arif Satria di jantung pertahanan tim asal Kota Pahlawan itu hampir tak tergantikan. Total, bek 28 tahun itu sudah tampil dalam 13 laga. Dia mencatatkan 43 intersep, 30 sapuan, dan 14 tekel sukses.

“Persiapan kami sudah cukup bagus. Semua pemain sudah hadir, kecuali Alie Sesay yang menjalani karantina di Jakarta. Mudah-mudahan, kami bisa main bagus, menghibur, dan meraih hasil maksimal,” ujar Aji.

Alie Sesay sendiri terpaksa batal tampil di Piala Afrika 2021. Namanya seharusnya masuk dalam skuat Timnas Sierra Leone dalam turnamen tersebut yang digelar 9 Januari hingga 6 Februari 2022.

Pemain berpostur 185 cm itu termasuk pemain kunci di sektor pertahanan Persebaya. Dia mampu memimpin rekan-rekannya menghalau serangan lawan. Alie Sesay termasuk bek yang bersih karena belum pernah mendapat hukuman kartu kuning maupun merah.

Alie Sesay awalnya masuk dalam skuad awal Timnas Sierra Leone untuk Piala Afrika 2021. Sayangnya, namanya kemudian dicoret dari skuat negaranya dari daftar 40 pemain yang disiapkan sebelum jadi daftar skua final.

Timnas Sierra Leone dikabarkan lebih memilih mantan bek tengah Liverpool dan Tottenham Hotspurs, Steven Caulker, yang baru mendapat paspor Sierra Leone pada Desember 2021. Caulker sendiri diketahui sudah pernah tampil bersama Timnas Inggris pada 2012 lalu.