PSS Sleman Kalah, Putu Gede: Gol Arema FC Terlalu Mudah

PSS Sleman harus mengakui kekalahan dari Arema FC, pada pekan lanjutan Liga 1 2021/22, d Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (12/1) malam WIB. PSS sebenarnya bisa mengendalikan permainan dengan unggul jumlah penguasaan bola, tapi mereka kalah cerdik dari Arema.

Permainan sabar Arema tidak menghasilkan apa-apa, ketika pada babak kedua Arema bermain lebih atraktif demi sebuah gol. Hasilnya, menit ke-53 dan 56′ gawang PSS bergetar oleh aksi Kushedya Hari Yudo, dan Dendi Santoso. Arema pun menutup laga ini dengan kemenangan 2-0.

Putu Gede, pelatih PSS, menyebut bahwa timnya terlalu mudah memberikan gol kepada Arema. Para pemain juga tidak dapat memberikan respons yang bagus ketika Arema berhasil menciptakan gol pertama yang dicetak oleh Yudo, hingga akhirnya ada gol kedua yang dibukukan Dendi.

“Pertama, selamat untuk Arema sudah menang. Di babak pertama kami cukup bagus. Apa yang kami inginkan sudah mulai terjalankan. Tapi mereka mendapat gol terlalu mudah. Ini satu pengalaman dan situasi yang kami harus belajar untuk ke depannya,” ujar Putu Gede.

Mantan pelatih Persekat Tegal ini juga membantah bahwa Super Elang Jawa hanya bermain untuk imbang melawan Arema. Tempo yang lamban dan terlalu sabar dalam membangun serangan, cukup menimbulkan tanda tanya dan spekulasi soal target tim di laga ini.

“Pertama tentu kami mesti bersabar, sirkulasi bola memang tidak jalan. Seandainya sirkulasi bolanya lebih cepat, lebih terbuka ruangnya untuk kami passing antarlini. Jadi bukan masalah kami mau ambil satu poin. Saya bukan tipikal seperti itu,” tegas Putu Gede.

“Sekali lagi, Ini jadi pengalaman ya untuk kami. Karena situasi gol sama dan waktunya sangat berdekatan. Mereka mesti cepat berbenah agar ketika gol pertama terjadi, tidak ada lagi gestur pemain yang hilang semua dan menganggap seperti pertandingannya sudah selesai. Ini yang tidak boleh terjadi di situasi kompetisi seperti ini,” tambah Putu.

Laga ini menjadi pertandingan kedua Putu Gede bersama PSS. “Saya berharap para pemain bisa mengambil pengalaman terbaik dari pertandingan ini, dan ini bisa jadi luar biasa untuk perkembangan PSS dalam menghadapi pertandingan selanjutnya,”