Juara Zona Kaltim, Persikutim Kutai Timur Tutup Putaran Provinsi Liga 3

Tuntas sudah putaran provinsi Liga 3 2021. Persikutim Kutai Timur menjadi klub terakhir yang merengkuh trofi juara di fase ini, Rabu (12/1/21).

Klub berjulukan Monster Sangatta tersebut menjuarai Liga 3 2021 zona Kalimantan Timur usai mengalahkan Persisam United dalam pertandingan final yang berlangsung di Stadion Kudungga, Kutai Timur.

Pertandingan berlangsung seru dan menegangkan. Persikutim memimpin dua gol terlebih dulu sebelum dibuat ketar-ketir saat Persisam menipiskan skor di pertengahan babak kedua via titik putih.

Namun, skor 2-1 tak berubah hingga bubaran sehingga Persikutim Kutai Timur berhak menaiki podium juara di hadapan pendukungnya sendiri di Stadion Kudungga.

Kesuksesan Persikutim otomatis meloloskan mereka ke putaran nasional Liga 3 2021, ditemani oleh Persisam United selaku runner-up mengingat PSSI memberikan jatah 2 slot kepada Kalimantan Timur.

Lengkap sudah 64 tim peserta putaran nasional Liga 3. Pulau Kalimantan mengirimkan lima wakil, masing-masing dua dari Kaltim, dua dari Kalsel (Persemar Martapura dan Batulicin 69), plus satu lagi dari Kalbar (Gabsis Sambas).

Sekadar mengingatkan, PSSI masih belum menentukan lokasi penyelenggaraan putaran nasional Liga 3 2021. Ada kemungkinan di Jabodetabek, atau bisa juga di Jawa Timur.

Sebanyak 64 tim akan memperebutkan delapan tiket promosi ke Liga 2 2022. Artinya, mereka yang mampu melangkah ke babak 8 besar alias perempat final sudah dipastikan naik kasta musim depan.