Tatap Liga 1, Persis Solo Sudah Punya Daftar Pemain Asing Incaran

Setelah hanyut dalam euforia, Persis Solo mulai bekerja lagi untuk membentuk tim yang akan mengarungi Liga 1 musim depan.

Usai acara perayaan juara Liga 2 2021 di Stadion Sriwedari, Minggu (9/1/2022), Presiden Komisaris Persis Solo, Mahendra Agakhan Thohir, berbicara soal pemain asing.

Persis Solo, seperti kontestan Liga 1 lainnya, akan mendapat kuota empat pemain asing yang dapat didaftarkan ke PT Liga Indonesia Baru.

Menurut lelaki yang akrab disapa Aga Thohir itu, tim berjuluk Laskar Sambernyawa ini akan memaksimalkan kuota pemain asing yang dimiliki.

Bahkan ia menyebut pencarian pemain asing Persis Solo sudah dimulai sejak lama. Saat ini, beberapa nama incaran sudah didaftar manajemen.

“Kami kan memiliki empat kuota pemain asing. Kami sudah mulai scouting sejak awal musim lalu,” kata Aga Thohir kepada wartawan.

“Kebanyakan kan kontrak (pemain) habis pada bulan ini untuk yang di Eropa atau Amerika Latin atau Asia.”

“Jadi tentu kami sudah mempunyai beberapa nama dan sudah memiliki skema-skema tentang pemain-pemain asing yang akan dibawa,” Aga Thohir menjelaskan.

Pernyataan itu mengesankan bahwa Laskar Sambernyawa akan mendatangkan pemain-pemain asing yang belum pernah mentas di Tanah Air.

Dalam pandangan Aga Thohir, para pemain asing yang belum sempat ke Indonesia memiliki motivasi lebih tinggi agar mendapat pengakuan kala merumput di Liga 1.

Meski demikian, Aga Thohir tak menampik keuntungan yang bisa didapat tim Persis Solo jika merekrut pemain-pemain asing yang sudah ada di Indonesia.

“Saya pikir kalau pemain asing yang sudah ada di Indonesia memiliki pengalaman yang lebih banyak,” ujar putra dari Menteri BUMN, Erick Thohir itu.

“Kalau dibandingkan pemain asing yang belum pernah bermain di Indonesia, mereka memiliki antusiasme yang lebih dan bekerja keras juga untuk menunjukkan kemampuannya di Liga Indonesia,” ia menambahkan.