13 Pemain Diproyeksikan Masuk Skuat Piala AFF U-23 2022, Ronaldo Kwateh Kandidat Dapat Promosi dari Shin Tae-yong

Sebanyak 13 hingga 14 pemain sudah jadi gambaran skuad awal timnas U-23 Indonesia di ajang Piala AFF U-23 2022.

Piala AFF U-23 2022 akan digelar pada pada 14-26 Februari 2022, di Kamboja.

Garuda muda berstatus jadi juara bertahan dan tergabung di Grup B bersama Malaysia, Laos dan Myanmar.

Meski baru bulan depan digelar, persiapan untuk timnas U-23 Indonesia telah dilakukan.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku akan meramu skuat timnas U-23 Indonesia dengan menyertakan sebagian besar pemain di skuad Piala AFF 2020.

Tak cuma itu, Shin Tae-yong jga menyebut tak akan memanggil pemain-pemain yang berkarier di luar negeri.

“Pemain yang bermain di luar negeri yaitu Egy (Maulana), Elkan Baggott, Asnawi (Mangkualam), dan Witan (Sulaeman) tidak bisa ikut,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers secara virtual pada Jumat (31/12/2021).

“Mereka (yang lainnya) akan dibawa untuk memperkuat tim ini,” tambahnya.

Minus 4 pemain yang disebutkan oleh Shin Tae-yong dan Syahrian Abimanyu yang bermain di Liga Malaysia, maka ada 8 pemain yang bisa jadi proyeksi ke Piala AFF U-23 2022.

Mereka di antaranya adalah: Muhammad Riyandi, Ernando Ari, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, Ramai Rumakiek dan Hanis Saghara.

Pada wawancara terpisah, Shin Tae-yong juga mengindikasikan akan mempromosikan pemain timnas U-18 Indonesia untuk naik level ke timnas U-23 Indonesia.

Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut akan ada 5-6 pemain timnas U-18 Indonesia yang dipanggil untuk memperkuat timnas U-23 Indonesia di Piala AFF U-23 2022.

“Saya hanya akan memanggil pemain dari Liga Indonesia,” kata Shin Tae-yong pada Kamis (7/1/2022).

“Akan ada lima sampai enam pemain dari tim junior (timnas U-18 Indonesia) yang akan dipanggil,” tegasnya.

Dengan begitu, setidaknya ada 13 hingga 14 pemain yang telah diproyeksikan Shin Tae-yong untuk memperkuat timnas U-23 Indonesia.

Lima atau enam pemain yang dipromosikan dari timnas U-18 Indonesia ke timnas U-23 Indonesia belum diketahui.

Namun satu nama sangat berpeluang, yakni Ronaldo Joybera Kwateh.

Striker Madura United itu tampil mengesankan dengan mencetak 5 gol dari 3 laga untuk timnas U-18 Indonesia dalam pemusatan latihan (TC) di Turki, November 2021 lali.

Selain mencetak 5 gol, Ronaldo juga mampu mempersembahkan kemenangan dalam 3 laga ujicoba itu.

Kemenangan timnas U-18 Indonesia masing-masing didapat saat mengalahkan Antalyaspor U-18 dengan skor 3-1, membungkam Alanyaspor U-18 dengan skor 4-0 dan menang atas MMK FC 2-1.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan optimistis timnas U-23 Indonesia mampu melangkah jauh di Piala AFF U-23 2022.

“Bersyukur Alhamdulillah di tengah persiapan leg pertama final AFF timnas senior kami mendapatkan kabar terkait pengundian AFF U-23,” ujar Mochamad Iriawan sebagaimana dilansir BolaSport.com dari laman resmi PSSI.

“Hasil ini menjadi perhatian kami bersama karena lawan-lawan yang dihadapi pasti sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin.”

“Kami menjadi juara di kejuaraan ini dua tahun lalu, semangat, kerja keras dan daya juang harus di pertahankan hingga kompetisi di mulai nantinya,” tambahnya.