Hasil BRI Liga 1: Benamkan Persiraja dengan Skor Telak, PSS Merangsek Naik ke Papan Tengah

PSS Sleman sukses meraih kemenangan pada lanjutan BRI Liga 1 2021/2022 pekan ke-18. Tidak tanggung-tanggung, tim Elang Jawa sukses menghajar Persiraja Banda Aceh 4-1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Jumat (2/1/2022) sore WIB.

Kemenangan yang diraih PSS Sleman ini sekaligus membalas hasil pada putaran pertama lalu. Diketahui, pada putaran pertama lalu Elang Jawa – julukan PSS Sleman, kalah dari Persiraja dengan skor tipis 2-3.

Kedua tim langsung menurunkan para pemain baru yang mereka datangkan di bursa transfer paruh musim lalu. Di kubu PSS ada sosok baru seperti Riki Dwi Saputro dan Supriyadi yang diturunkan sejak menit pertama dan langsung nyetel.

Sementara itu di kubu Persiraja juga ada pemain baru seperti Assanur Rijal, Dedi Hartono, dan Bruno Dybal yang dimainkan sejak awal laga. Penyerang asing, Paulo Henrique yang sempat absen lama karena cedera juga kembali bisa dimainkan dalam laga ini.

Persiraja punya peluang bersih pertama pada menit ke-14. Defri Rizki melakukan percobaan tendangan dari luar kotak penalti. Sayang tembakan eks pemain Mitra Kukar itu masih tipis di atas mistar gawang PSS Sleman.

PSS unggul lebih dulu pada menit ke-18. Penyerang anyar mereka, Riki Dwi Saputro mencetak gol lewat tandukan terukur. Riki mencetak gol setelah memanfaatkan umpan manis dari sisi kanan pertahanan Persiraja.

Dua menit kemudian, PSS berhasil menambah gol. Kali ini Riki Dwi berperan dalam memberikan assist untuk gol yang dicetak Irkham Milla. Eks pemain Persis Solo itu melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti Laskar Rencong.

Pada menit ke-31, Persiraja sebenarnya bisa mencetak gol. Namun, gol itu harus dianulir lantaran Assanur Rijal sudah terperangkap dalam posisi offside.

Pada menit ke-36, gawang Persiraja kembali bobol. Kali ini pemain anyar PSS yang lain, Supriyadi mampu mencetak gol ke gawang Fakhrurrazi Quba lewat tandukan terukur.

Jelang babak pertama berakhir, Paulo Henrique nyaris mencetak gol untuk Persiraja. Namun, tandukannya masih bisa dihentikan Miswar Saputra. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 3-0 untuk keunggulan PSS.

Pada babak kedua, PSS bermain dengan lebih nyaman. Menit ke-51, tim besutan I Putu Gede berhasil mencetak gol keempat di laga ini.

Riki Dwi Saputro yang menembus pertahanan Persiraja memberikan assist kepada Juninho. Dengan mudah, pemain asal Brasil itu menceploskan bola ke dalam gawang.

Di menit ke-67, Persiraja mendapatkan hadiah tendangan penalti. Penalti itu setelah gelandang pengganti PSS, Syahroni melakukan pelanggaran di area terlarang.

Bruno Dybal maju sebagai algojo. Dengan tenang, Dybal menaklukkan Miswar Saputra dengan tembakan yang mengarah ke sisi kanan bawah gawang PSS.

Di sisa babak kedua, PSS bermain lebih bertahan. Mereka mengandalkan sesekali serangan balik cepat. Namun, hal itu tidak bisa dimanfaatkan oleh Persiraja.

Skor 4-1 untuk keunggulan PSS Sleman bertahan hingga pertandingan usai. Hasil itu membuat tim asuhan I Putu Gede naik ke posisi sembilan klasemen sementara dengan torehan 24 poin.

Di sisi lain, kekalahan ini membuat Persiraja kian terpuruk di dasar klasemen sementara. Mereka baru punya enam poin dari 18 pertandingan.

Daftar Susunan Pemain

PSS Sleman (4-3-3): Miswar Saputra (Kiper), Bagus Nirwanto, Aaron Evans, Asyraq Gufron, Derry Rahman (Belakang), Kim Kurniawan, Juninho, Misbakus Solikin (Tengah), Supriyadi Eeng, Riki Dwi, Irkham Mila (Depan)

Pelatih: I Putu Gede

Persiraja (4-2-3-1): Fakhrurrazi Quba (Kiper), Muhammad Rifaldi, Afiful Huda, Andika Kurniawan, Yericho Christiantoko (Belakang), Ridha Umami, Dedi Hartono, Defri Rizki, Bruno Dybal, Assanur Rijal (Tengah), Paulo Henrique (Depan)

Asisten Pelatih: Akhyar Ilyas