Marko Simic Cetak Brace, Persija Tundukkan PSIS

Persija Jakarta meraih kemenangan penting saat berhadapan dengan PSIS Semarang di pekan ke-18 BRI Liga 1 2021-22. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar pada Kamis (6/1/2021) itu, Persija menang 2-1.

Kedua tim tampil tanpa beberapa pilar penting di laga ini. PSIS Semarang misalnya tidak bisa tampil tanpa penyerang anyar mereka, Chevaughn Walsh yang masih belum dalam kondisi fisik 100 persen setelah menjalani karantina.

Sementara itu Persija juga belum bisa diperkuat legiun asing baru mereka. Tim berjuluk Macan Kemayoran itu masih harus menyelesaikan proses administrasi Konate.

Persija tampil percaya diri di awal babak pertama. Bahkan mereka sudah mampu unggul ketika babak pertama baru berjalan 13 menit. Marko Simic yang tidak terkawal melepaskan tandukan kencang yang tidak bisa dihentikan Jandia Eka Putra. Simic mencetak gol setelah mendapatkan umpan manis dari Marco Motta.

Namun, keunggulan Persija tak bertahan lama. Pada menit ke-19, Mahesa Jenar berhasil menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak gelandang muda mereka, Eka Febri.

Gol itu berawal dari blunder yang dilakukan Otavio Dutra. Bek senior itu salah perhitungan. Umpan yang ia tunjukan kepada Andritany Ardhiyasa justru bisa disambar pemain PSIS.

Pada menit ke-26, PSIS nyaris membalikkan kedudukan. Wahyu Prasetyo yang berdiri bebas melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti Persija. Beruntung Macan Kemayoran punya kiper tangguh dalam diri Andritany.

Di sisa babak kedua tak ada peluang berbahaya lagi yang tercipta dari kedua tim. PSIS dan Persija harus puas berbagi angka 1-1 hingga akhir babak pertama.

Kedua tim melakukan pergantian pemain di awal babak kedua. Persija Jakarta menarik keluar Braif Fatari dan Osvaldo Haay. Angelo Alessio kemudian memasukkan Taufik Hidayat dan Alfriyanto Nico.

Sementara itu PSIS menarik keluar Eka Febri yang mencetak gol di babak pertama. Eka tampak mengalami cedera dan digantikan oleh winger anyar PSIS, Rachmat Hidayat.

Memasuki menit ke-68, Persija berhasil menggandakan keunggulan. Diawali penetrasi Riko Simanjuntak dari sisi kiri pertahanan PSIS, Marko Simic berhasil mencetak gol keduanya di laga ini.

PSIS Semarang memiliki peluang bagus di menit ke-71 lewat situasi tendangan bebas. Namun, eksekusi Jonathan Cantillana masih melebar di sisi kanan gawang Persija.

Di menit ke-82, Persija memiliki klaim penalti. Riko Simanjuntak terlihat ditarik oleh Reza Irfana di dalam kotak penalti. Namun, wasit tidak menganggap itu sebagai sebuah pelanggaran.

Skor 2-1 untuk keunggulan Persija Jakarta bertahan hingga laga usai. Kemenangan ini membuat Persija naik ke posisi enam klasemen sementara sekaligus menggusur posisi PSIS. Macan Kemayoran punya 28 poin sementara PSIS memiliki 27 poin.