Alie Sesay Batal Ikut Piala Afrika, Berkah Bagi Persebaya Surabaya

Bek asing Persebaya Surabaya, Alie Sesay dipastikan tidak akan ambil bagian dari gelaran Piala Afrika 2021 setelah tim nasional Sierra Leone menyisihkan namanya dari daftar skuad final.

Sebelumnya, pemain berusia 27 tahun itu sudah bersiap membela negaranya di Piala Afrika tahun ini yang akan digelar di Kamerun pada 9 Januari hingga 6 Februari, setelah dimasukkan dalam skuad 40 pemain sementara Sierra Leone.

Ini artinya Persebaya tidak harus kehilangan pemain berdarah Inggris tersebut untuk menghadapi seri keempat Liga 1 2021/22 yang dimulai pada 5 Januari esok di Bali.

Sierra Leone lebih memilih mantan bek sentral Liverpool, Steven Caulker, yang baru beralih kewarganegaraan dari Inggris pada Desember lalu sehingga menutup tempat bagi Sesay yang berposisi sama.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso juga sebelumnya tidak mempermasalahkan jika harus kehilangan Sesay untuk lanjutan kompetisi musim ini karena merasa punya kedalaman skuad yang mumpuni.
Artikel dilanjutkan di bawah ini

“Kalau lolos [dari fase grup Piala Afrika], kemungkinan ia akan lama di sana, sampai [akhir] Januari. Masih ada Rizky Ridho juga di posisi bek tengah,” kata Aji.

Mantan pemain Leicester City itu memang merupakan andalan di lini belakang Persebaya musim ini, tampil sebanyak 13 laga dan mampu membantu Bajo Ijo mencatatkan lima clean sheet sepanjang seri ketiga Liga 1.

Kontribusi yang cukup mengesankan, karena mampu membantu Persebaya bersaing di papan atas klasemen atau tepatnya bertengger di peringkat keempat dengan mengumpulan 30 poin dari 19 pertandingan sejauh ini.