Juara Liga 3 Sulut, Pijakan Awal Kebangkitan Klub Lawas Persmin Minahasa?

Satu per satu putaran provinsi Liga 3 2021 merampungkan diri sebelum pergantian tahun. Yang terbaru, Persmin Minahasa mengukuhkan diri sebagai kampiun zona Sulawesi Utara, Kamis (30/12/21).

Klub yang sempat eksis di kasta tertinggi selama tiga musim (2005-2007) era Divisi Utama ini mengalahkan Tahuna FC dalam pertandingan final Liga 3 2021 zona Sulawesi Utara di Stadion Klabat, Manado, kemarin sore. Mereka memetik kemenangan tipis 1-0.

Hasil ini praktis mengantarkan Persmin ke putaran nasional Liga 3 2021. Mereka bakal memperebutkan delapan tiket promosi ke Liga 2 musim depan dengan 63 klub lain dari seluruh penjuru Indonesia.

Artinya, Persmin Minahasa berkesempatan menapaki kebangkitan sekaligus jalan keluar dari kasta paling bawah. Mereka tentu ingin segera meninggalkan Liga 3 dan menjejak Liga 2 sembari mengintip peluang naik lagi ke Liga 1 kelak.

Ambisi bangkit dikumandangkan oleh pemilik Persmin, Rico Tampenawas. Pengusaha muda asal Manado ini kabarnya menargetkan satu tiket promosi ke Liga 2, bahkan ia berencana menggelar laga uji coba melawan klub-klub elite Liga 1.

“Terima kasih atas dukungan kalian, publik Minahasa. Kami juara Liga 3 Sulawesi Utara,” cetus Rico Tampenawas singkat seperti dikutip dari unggahan Insta Story di akun Instagram pribadinya, @tampenawasrico.

Sekadar mengingatkan, Persmin merupakan juara putaran provinsi yang kelima di wilayah Sulawesi. Mereka menyusul PS Sandeq (Sulawesi Barat), Gasko Kolaka (Sulawesi Tenggara), Persipal Palu (Sulawesi Tengah), dan Gasma Enrekang (Sulawesi Selatan).

Satu provinsi lagi, Gorontalo, belum memunculkan kampiun karena masih berlangsung. Kompetisi kini memasuki babak 8 besar dan kemungkinan baru akan beres pada awal Januari mendatang.