Rekor-rekor yang Bakal Dipecahkan Thailand jika Tumbangkan Indonesia di Final Piala AFF 2020

Timnas Thailand sedang bersiap untuk membuat serangkaian rekor yang belum pernah terjadi di Piala AFF, jauh melampaui pencapaian negara mana pun di Asia Tenggara.

Tim Gajah Perang, julukan Thailand memiliki modal berharga menyabet gelar juara Piala AFF 2020.

Mereka berhasil menaklukkan Indonesia dengan skor 4-0 di leg pertama final Piala AFF edisi ke-13 ini.

Hasil tersebut dinilai cukup untuk membawa timnas Thailand merebut gelar juara dan memperpanjang rekornya sendiri.

Sejak Piala AFF (dulu Piala Tiger) pertama kali digelar pada tahun 1996, Thailand merupakan tim paling mendominasi ajang dua tahunan ini.

Berbagai rekor telah diciptakan perwakilan negara dengan Ibu Kota Bangkok tersebut.

Pada Piala AFF 2020, Thailand berpeluang menciptakan rekor baru jika berhasil menumbangkan Indonesia di partai final.

Berikut rekor di ajang Piala AFF yang bisa dicapai oleh tim nasional Thailand:

– Thailand akan menjadi negara peraih gelar juara terbanyak Piala AFF dalam sejarah: 6 kali (1996, 2000, 2002, 2014, 2016, 2020).

– Jika mampu menambah isi pundi-pundi gol di leg kedua, Thailand akan memecahkan rekor mereka sendiri sebagai tim yang mencetak gol terbanyak di final Piala AFF (sekarang Thailand telah menyamai rekor 4 gol yang mereka buat pada final Piala AFF 2000, Thailand 4-1 Indonesia).

– Pelatih kepala timnas Thailand, Alexandre Polking bakal menjadi pelatih asal Amerika Selatan pertama yang memenangi Piala AFF.

– Thailand akan memiliki bintang yang memenangi penghargaan Pemain Terbaik AFF terbanyak dalam sejarah. Gelar ini hampir pasti diberikan kepada Chanathip Songkrasin. Dia akan menjadi pemain pertama di Asia Tenggara yang memenangi penghargaan Pemain Terbaik Individu sebanyak tiga kali (setelah 2014 dan 2016).

– Jika Teerasil Dangda mencetak gol di leg kedua, dia akan memecahkan rekornya sendiri sebagai pencetak gol terbanyak di Piala AFF (saat ini memiliki 19 gol).

– Teerasil Dangda juga berpeluang menyabet rekor baru 4 kali meraih gelar top scorer di Piala AFF setelah 2008, 2012, dan terakhir 2016.

– Selain Teerasil Dangda, Chanatip Songkrasin turut meramaikan gelar top scorer Piala AFF 2020 dengan sama-sama mengoleksi 4 gol.

– Akan ada 6 pemain Thailand peraih gelar Piala AFF terbanyak (3 kali), yaitu Kiatisuk Senamuang, Dusit Chalermsaen, Worawut Srimaka, Surachai Jaturapattarapong, Kawin Thamsatchanan, Sarach, Yooyen dan Chanathip Songkrasin.