Klub Jepang Sasar Bek Timnas Indonesia Elkan Baggott

Bek timnas Indonesia, Elkan Baggott, dikabarkan telah menarik minat dari klub asal Jepang, FC Tokyo. Penampilan Elkan selama Piala AFF bersama timnas Indonesia, telah membuat sederet klub kawasan Asia sadar akan potensi besar yang ia miliki.

Sebenarnya Elkan minim tampil bersama timnas Indonesia, karena ia pun sempat harus menjalani karantina lantaran satu pesawat dengan penumpang yang positif virus corona. Namun, kualitas Elkan seakan nampak nyata dan menjanjikan, ketika dipercaya tampil.

Elkan sendiri sudah menjaringkan gol untuk timnas Indonesia pada Piala AFF 2020 ini, yakni pada partai krusial fase grup, kontra Malaysia. Usia Elkan yang masih 19 tahun diyakini menjadi nilai plus untuk klub-klub yang berpikir investasi jangka panjang.

Ketertarikan FC Tokyo kepada Elkan dilaporkan oleh akun Twitter FCTOKYO_Watch, yang memang rutin mengabarkan berita terkait klub tersebut dalam Bahasa Inggris. Postur tubuh dan ketenangan Elkan dalam memegang bola, jadi sorotan klub.

“FC Tokyo menunjukkan minat pada bek Ipswich Town Elkan Baggott. Bek Indonesia ini memiliki badan yang tinggi, tingkat kemenangan udara yang tinggi, dan perawakan yang mulus. Dia telah bermain di AFF Suzuki Cup,” tulis akun Twitter tersebut.

Dengan nama besar Elkan Baggott di Indonesia, bukan hal yang tidak mungkin bahwa rumor ini benar. Karena sudah dalam beberapa tahun terakhir, J League, atau kompetisi Jepang, berusaha keras mengambil pasar di Indonesia yang memiliki populasi besar di dunia.

Yang lebih relevan lagi, FC Tokyo baru saja mengalami perubahan dalam susunan pemegang saham, di mana MIXI mengambil alih hampir separuh saham mereka. MIXI adalah perusahaan teknologi yang turut bergerak di media sosial, dan sudah bukan rahasia lagi bahwa kekuatan Indonesia ada pada media sosial (warganet).

Hanya saja, tidak mudah untuk klub yang berminat untuk mendatangkan Elkan. Pada Januari 2021, Elkan resmi meneken kontrak profesional bersama Ipswich Town, dan didapuk sebagai prospek masa depan oleh klub. Kontrak tersebut berlangsung hingga 2023, dan jalan paling sederhana untuk mendatangkan Elkan secepatnya adalah dengan cara peminjaman.