Shin Tae-yong: Thailand Tim yang Sangat Kuat, tetapi Bola Itu Bundar

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak memungkiri bahwa Thailand adalah lawan yang sangat kuat bagi skuad Garuda di final Piala AFF 2020.

Pelatih asal Korea Selatan (Korsel) itu menyadari pertandingan timnas Indonesia vs Thailand dalam dua leg final Piala AFF 2020, tidak akan berjalan mudah.

Saat ini, Thailand tercatat sebagai salah satu tim terkuat di Asia Tenggara.

Skuad berjuluk Gajah Perang itu lolos ke final seusai menumbangkan juara bertahan Piala AFF, Vietnam, pada semifinal.

Thailand menjadi satu-satunya tim yang berhasil membobol gawang Vietnam pada perhelatan Piala AFF 2020, setelah menang 2-0 di leg pertama semifinal.

Bukan cuma itu, Thailand juga mencatatkan rekor tak terkalahkan selama mengarungi laga penyisihan grup hingga semifinal Piala AFF 2020.

Kendati demikian, rekor sama juga ditorehkan timnas Indonesia. Skuad Garuda juga belum terkalahkan di Piala AFF 2020.

Performa timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 pun cukup bagus.

Indonesia melenggang ke semifinal Piala AFF 2020 setelah menjadi juara Grup B dengan mengemas tiga kemenangan dan satu kali imbang.

Skuad Garuda juga tercatat sebagai tim tersubur di Piala AFF 2020 dengan mengemas 18 gol dari laga penyisihan grup hingga semifinal.

Adapun Thailand tercatat mengoleksi 12 gol dari empat laga grup dan dua leg pertandingan semifinal.

Akan tetapi, gawang Thailand tercatat lebih sedikit kebobolan dibandingkan Indonesia.

Hingga kini, Thailand hanya satu kali kebobolan, sedangkan gawang skuad Garuda sudah tujuh kali dijebol lawan.

Oleh karena itu, Shin Tae-yong pun tidak mau meremehkan kekuatan timnas Thailand yang akan dihadapi Indonesia di final Piala AFF 2020.

Shin Tae-yong mengakui, Thailand memiliki pemain-pemain berkualitas sehingga tim asuhan Alexandre Polking itu sangat kuat.

Meski begitu, pelatih kepala timnas Indonesia tetap optimistis skuad Garuda akan mampu mengalahkan Thailand di final Piala AFF 2020.

“Secara keseluruhan, timnas Thailand sebagai tim sangat kuat. Saya tidak punya komentar negatif tentang timnas Thailand,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers menjelang laga final Piala AFF 2020 antara Indonesia dan Thailand, Selasa (28/12/2021).

“Timnas Thailand tim kuat yang punya pemain berkualitas, tetapi bola itu bundar.”

“Jadi, kami akan berusaha memperlihatkan kemampuan terbaik di lapangan.”

“Saya tidak bisa menjelaskan apa yang akan kami lakukan di lapangan. Hanya, kami sudah siap,” tutur Shin Tae-yong menegaskan.

Sesuai jadwal Piala AFF 2020, laga timnas Indonesia vs Thailand pada leg pertama final akan digelar pada Rabu (29/12/2021) malam besok.

Sementara itu, pertandingan leg kedua final Piala AFF 2020 antara Indonesia dan Thailand dijadwalkan digelar pada Sabtu (1/1/2022).