Jawaban Shin Tae-yong Saat Ditanya Timnas Belum Pengalaman Juara

Shin Tae-yong tak minder dengan peluang Timnas Indonesia mengalahkan Thailand untuk jadi yang terbaik di Piala AFF 2020. Shin Tae-yong punya pengalaman!

Thailand akan menjadi lawan terakhir Timnas Indonesia di partai final Piala AFF yang akan digelar dua leg. Leg pertama akan digelar pada 29 Desember 2021, leg kedua digelar 1 Januari 2022.

Bicara pengalaman dan kualitas, Thailand jelas berada di atas Timnas Indonesia. Tapi Shin Tae-yong tetap yakin tim asuhannya tetap punya peluang.

“Saya ingin juara, tapi juara tidak bisa hanya bicara saja. Kita bisa juara ketika kita benar-benar kerja keras,” kata Shin Tae-yong saat memberikan keterangan, Selasa (28/12/2021).

“Sebagai pemain dan pelatih saya pernah juara lebih dari 20 kali, saya punya pengalaman. Jadi ini yang dimanfaatkan dan diterapkan kepada pemain agar kita bisa juara,” ujarnya.

Pengakuan Shin Tae-yong soal juara memang bukan isapan jempol belaka. Ia punya sederet prestasi, baik saat masih menjadi pemain maupun ketika beralih menjadi pelatih.

Di level klub sebagai, ia pernah juara K League 1 sebanyak enam kali pada 1993, 1994, 1995, 2001, 2002, dan 2003. Tak cuma itu, ia juga pernah mengantarkan Seongnam Ilhwa Chunma juara Asian Club Championship (cikal bakal Liga Champions Asia) 1995.

Sementara saat beralih menjadi pelatih, ia sukses mengantar Seongnam Ilhwa Chunma juara Liga Champions Asia 2010. Pertandingan final bukan sesuatu yang baru buat Shin Tae-yong.

“Kami sudah mempersiapkan dengan baik masalah mental dari pertandingan pertama penyisihan grup, sama seperti sebelum ini juga,” tutur Shin Tae-yong.

“Jadi di final nanti kami akan mempersiapkan mental yang kuat dalam suasana yang baik. Jadi suasana itu yang dibawa sampai ke final ini,” ucapnya.