Final Piala AFF 2020: Respons Polking Usai STY Umbar Kelemahan Thailand

Alexandre Polking terkejut kareana Shin Tae-yong (STY) pernah menilai bahwa timnas Thailand lemah dalam penguasaan bola.

Belum lama ini, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong dengan gamblang menyebut satu kekurangan Thailand.

Menurut Shin Tae-yong, lawan yang akan dihadapi timnas Indonesia di final Piala AFF 2020 itu lemah dalam hal ball possession.

Kelemahan itu terlihat saat Thailand bertanding melawan Vietnam pada semifinal AFF Suzuki Cup 2020.

“Thailand selangkah lebih maju dari kami. Namun, mereka buruk dalam penguasaan bola,” ucap Shin Tae-yong, sebagaimana dikutip dari media Korea Selatan JoongAng.

“Itu (kelemahan) terlihat saat mereka melawan Vietnam pada leg pertama semifinal. Kala itu, Vietnam tampil lebih baik,” imbuhnya.

Mendengar penilaian Shin Tae-yong, pelatih timnas Thailand Alexandre “Mano” Polking mengaku terkejut.

Juru taktik berdarah Brasil-Jerman itu memberi pembelaan bahwa Thailand hanya menjalankan taktik saat melawan Vietnam demi meraih kemenangan.

“Saya terkejut dengan hal itu (komentar STY). Kami memainkan enam pertandingan sejak fase grup dengan penguasaan bola yang lebih baik dari lawan kami,” kata Polking dalam jumpa pers menjelang laga Indonesia vs Thailand, Selasa (28/12/2021).

“Namun, mungkin yang dimaksud STY adalah cara bermain kami pada laga vs Vietnam. Kami mengambil pendekatan yang berbeda. Dalam situasi itu, kami harus memiliki pendekatan berbeda demi kemenangan,” imbuhnya.

Secara keseluruhan, Mano Polking menilai bahwa Changsuek (Gajah Perang) – julukan timnas Thailand – kuat dalam hal penguasaan bola.

“Kami telah terbukti mampu menguasai penguasaan bola dalam banyak pertandingan. Jadi, tidak ada yang salah dengan penguasaan bola kami,” kata Polking.

“Saya belum memutuskan rencana detil, dan belum memutuskan siapa yang akan bermain pada laga nanti,” imbuhnya.

“Namun, saya melihat tidak ada masalah dengan cara bermain kami. Saya pikir itu (possesion football) adalah salah satu kekuatan kami,” ucap Polking.

Timnas Indonesia dan Thailand akan bertanding pada leg pertama final Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) pukul 19.30 WIB.

Tiga hari berselang (1/1/2022), kedua kesebelasan kembali bertemu untuk memainkan pertandingan leg kedua di tempat dan jam yang sama.