Timnas Indonesia Lawan Thailand di Final Piala AFF 2020, Berharap Tuah Shin Tae-yong Hentikan Kutukan Juara

TIMNAS Indonesia lawan Thailand di final Piala AFF 2020. Ini merupakan final keenam Timnas Indonesia setelah 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Sayang, dari penampilan di final sebelumnya, Timnas Indonesia gagal menjadi juara. Lalu, bisakah Pelatih Shin Tae-yong mematahkan kutukan juara Timnas Indonesia?

Sepanjang keikutsertaan Timnas Indonesia di Piala AFF, Skuad Garuda selalu mendapatkan sorotan. Sebab, Skuad Garuda merupakan tim yang paling sering menjadi runner-up.

Semua diawali dari Piala AFF 2000 saat Timnas Indonesia bersua Thailand. Tanding di Stadion Rajamangala, Bangkok, Timnas Indonesia kalah 1-4 dari Gajah Perang.

Selang dua tahun, Timnas Indonesia kembali bersua Thailand sebagai lawan mereka di partai puncak. Tanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Timnas Indonesia main imbang 2-2 dalam waktu normal.

BACA JUGA: Meski Main Energik dan Penuh Semangat, Pengamat Sepakbola Vietnam Ragu Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2020

Namun, di babak adu penalti, Skuad Garuda kalah 2-4 dari Thailand. Alhasil, Timnas Indonesia harus puas menjadi runner-up di hadapan publik sendiri.

Timnas Indonesia berpeluang untuk memutus catatan buruk di final Piala AFF saat kembali menjadi finalis edisi 2004. Akan tetapi, dalam final yang berlangsung dua leg, Timnas Indonesia justru kalah 2-5 dari Singapura.

Setelah kegagalan itu, Timnas Indonesia baru kembali ke final Piala AFF pada edisi 2010. Saat itu, Timnas Indonesia bersua rival serumpun, yaitu Malaysia.

Timnas Indonesia menang 5-1 atas Malaysia di fase grup sehingga sangat diunggulkan pada final kali ini. Akan tetapi, Skuad Garuda justru kembali kalah dalam dua leg dengan agregat 2-4.

Terakhir, Timnas Indonesia mentas di final Piala AFF 2016. Thailand kembali menjadi momok bagi Timnas Indonesia yang kalah agregat 2-3 dalam dua leg.

Kini, Timnas Indonesia akan menjalani final Piala AFF keenam mereka. Shin Tae-yong pun diharapkan bisa memutus catatan buruk Timnas Indonesia di partai puncak Piala AFF.

Sekadar informasi, leg I final Piala AFF 2020 akan berlangsung di National Stadium, Singapura, Rabu 29 Desember 2021, pukul 19.30 WIB. Selang tiga hari, tepatnya Sabtu 1 Januari 2022, leg II akan berlangsung di tempat yang sama. (okezone)