Semifinal Liga 2 2021 Digelar Tanpa Penonton, Begini Respons Pelatih Persis Solo

Pertandingan semifinal Liga 2 2021 dipastikan digelar tanpa penonton, termasuk laga Persis Solo melawan Dewa United FC.

Hal itu diputuskan untuk mencegah peningkatan angka penularan Covid-19 di masa libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Pelatih Persis Solo, Eko Purdjianto, memberikan tanggapan terkait kebijakan tersebut. Menurutnya, musim ini timnya sudah biasa tampil tanpa penonton.

Meski sempat mendapat dukungan langsung dari Pasoepati di stadion pada babak 8 besar Liga 2 2021, kembali bermain tanpa penonton bukan masalah besar untuk Persis Solo.

Sang pelatih pun berharap suporter tetap memberikan dukungan dan doanya dari rumah sehingga tim berjuluk Laskar Sambernyawa bisa promosi ke Liga 1 musim depan.

“Kami sudah terbiasa di babak penyisihan, kami bertanding tanpa penonton. Yang pasti kami tetap tahu suporter Persis akan tetap mendukung kami,” kata Eko, dari laman resmi klub.

“Walaupun dari rumah, tapi doa dan support-nya dari rumah sangat kami inginkan dan mudah-mudahan tercapai cita-cita kami semua untuk lolos ke Liga 1,” ia menambahkan.

Sementara itu kapten tim Persis, Eky Taufik, bisa memahami keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan Panitia Pelaksana (Panpel) untuk kembali menggelar laga tanpa penonton.

Ia pun berharap suporter bisa menaati peraturan tersebut agar pertandingan semifinal Liga 2 2021 bisa berjalan dengan lancar.

“Memang kondisinya saat ini belum memungkinkan untuk adanya penonton, jadi saya imbau kepada suporter untuk bisa bekerja sama supaya laga bisa berjalan lancar,” ujar Eky Taufik.

“Kami tetap berharap dan menganggap suporter selalu berjuang bersama kami di lapangan,” ia menambahkan.

Sebelumnya, Ketua Panpel, Jumsin Sobari, mengabarkan bahwa laga semifinal Liga 2 2021 yang akan dilangsungkan di Stadion Pakansari, Bogor, Senin (27/12/2021), digelar tanpa penonton.

Keputusan tersebut diambil setelah pihak kepolisian hanya memberikan izin penyelenggaraan pertandingan tanpa penonton.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak LIB dan pihak kepolisian yang poin pentingnya adalah izin penyelenggarakan diberikan tanpa kehadiran penonton,” kata Jumsin Sobari.

Untuk itu, Jumsin Sobari mengimbau kepada suporter Persis Solo, PSIM Yogyakarta, Rans Cilegon FC, dan Dewa United FC untuk tidak pergi ke Bogor.

Ia pun mengajak para penggemar, termasuk Pasoepati dan Brajamusti untuk menonton pertandingan semifinal Liga 2 2021 dari rumah saja.

“Kami mengimbau kepada semua suporter dari tim yang akan bertanding di semifinal Liga 2 untuk tidak memaksakan hadir ke Bogor,” ujar Jumsin Sobari.