Kinerja Pemain Asing Persebaya Bikin Aji Santoso Semringah

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, mengaku puas dengan penampilan pemain asing timnya pada paruh musim BRI Liga 1 2021/2022. Menurutnya, keempat pemain asing berkontribusi banyak buat Tim Bajul Ijo.

Hal itu diungkapkan Aji berdasarkan hasil evaluasi terhadap penampilan para ekspatriat selama putaran pertama. Dia mengatakan pemain asing Persebaya Surabaya sudah sesuai harapan.

“Semua pemain asing bagus, kami tim paling produktif dan juga di pertahanan kami 10 kali pertandingan tidak terkalahkan, dan lima kali berturut-turut clean sheet,” kata Aji Santoso kepada Bola.net.

Empat pemain asing yang dimiliki Persebaya di antaranya Jose Wilkson, Taisei Marukawa, Alie Sesay, dan Bruno Moreira. Semuanya baru pertama kali berkarier di Indonesia.

“Artinya Persebaya ada progres baik di pertahanan maupun serangan,” tegas juru taktik asal Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut.

Namun, dari empat pemain asing yang dimiliki Persebaya, ada satu pemain yang performanya menjadi sorotan suporter. Yakni striker asal Brasil, Jose Wilkson.

Jose disorot karena dianggap belum cukup produktif. Terkait hal itu, Aji masih akan terus percaya kepada Jose Wilkson di lini serang.

“Striker memang tugas utamanya memang mencetak gol, tetapi kan di dalam sepak bola tidak hanya striker aja, kalaupun penjaga gawang bisa cetak gol kenapa enggak,” terang Aji.

“Sepak bola ini olahraga kolektivitas, siapapun yang mencetak gol, yang terpenting di kompetisi ini tim kami menang,” tandasnya.

Alie Sesay: Performa Alie Sesay di lini pertahanan Persebaya cukup memuaskan. Dia mencatatkan 43 intersep, dan 30 sapuan dan 14 tekel sukses.

Bruno Moreira: Gelandang asal Brasil, Bruno Moreira Soares menunjukkan penampilan impresifnya bersama Persebaya. Dia menyumbang 3 gol dan 1 assist dari 12 kali penampilannya.

Taisei Marukawa: Meski berposisi sebagai gelandang, Taisei Marukawa menjadi pemain paling produktif di Persebaya. Dia mencetak 9 gol dan 5 assist.

Jose Wilkson: Penyerang asal Brasil, Jose Wilkson baru mencetak 6 gol dan 1 assist bersama Persebaya. Dia melepaskan 31 tembakan yang 18 di antaranya mengarah ke gawang.