Tabrak Asisten Wasit, Ofisial Persis Solo Dihukum Enam Bulan

Komite disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan larangan beraktivitas di lingkungan sepakbola selama enam bulan kepada asisten manajer Persis Solo, Erwin Widiyanto, menyusul sejumlah tingkah laku buruknya di Liga 2 2021/22.

Dalam putusannya yang dirilis hari ini, Komdis menyebutkan, Erwin dianggap telah memperlihatkan tingkah laku buruk terhadap perangkat pertandingan, serta protes berlebihan dengan cara menabrakan badan kepada asisten wasit.

Akibat sikap tidak terpujinya itu, selain dijatuhi sanksi larangan beraktivitas di sepakbola selama setengah tahun, Erwin juga dijatuhi sanksi denda sebesar Rp50 juta.

Sikap Erwin ini terjadi dalam pertandingan babak Delapan Besar Liga 2 melawan RANS Cilegon di Stadion Pakansari, Rabu (15/12). Peristiwa itu bermula ketika pemain Persis memprotes keputusan wasit yang menganulir gol Alberto ‘Beto’ Goncalves di pengujung laga.

Di tengah protes pemain, Erwin menghampiri asisten wasit, dan terlihat gestur menubruk sang perangkat pertandingan. wasit Abdullah tanpa ampun langsung mengganjar kartu merah.

Sementara itu, bek Borneo FC Javlon Guseynov dikenakan sanksi larangan bermain di empat pertandingan, serta denda sebesar Rp50 juta atas sikap tidak sportif ketika bermain imbang 2-2 melawan Madura United, Senin (14/12).

Sanksi itu diberikan kepada Guseynov, karena pemain asal Uzbekistan tersebut melakukan protes berlebihan dengan cara melempar ban kapten ke wajah wasit Faulur Rosy setelah ia menerima kartu kuning di menit ke-68.

Duel antara Borneo FC dan Madura United ini memang berlangsung panas, dan berimbas ke bangku cadangan. Beruntung dua ofisial Borneo FC, Andri Dauri Husain Tri Saputra dan Muhammad Yusuf Zulfikar terbebas dari sanksi. Mereka hanya mendapatkan teguran keras dari Komdis.

Sedangkan Persita Tangerang diganjar denda Rp50 juta, karena mereka mendapatkan lima kartu kuning dalam satu pertandingan ketika menghadapi PSIS Semarang pada 7 Desember. Di laga itu, Persita menelan kekalahan 3-2.

Saat ini Liga 1 sedang jeda, karena diterapkannya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali terkait Natal dan tahun baru. Seri 4 Liga 1 akan digulirkan pada 5 Januari 2022.