I Putu Gede Resmi Jadi Pelatih Baru PSS Sleman

Tidak butuh waktu lama bagi PSS Sleman untuk mengumumkan pelatih baru. Sehari setelah mengakhiri kerja sama dengan Dejan Antonic, PSS resmi mengumumkan I Putu Gede Swisantoso sebagai nakhoda baru, Senin (20/12/2021).

Ini akan menjadi kali pertama bagi I Putu Gede menukangi PSS Sleman. Pada musim ini, mantan gelandang bertahan Timnas Indonesia itu sempat menukangi klub Liga 2, Persekat Tegal.

Namun, Persekat asuhan Putu Gede gagal melaju ke babak delapan besar. Mereka juga tidak terdegradasi dan tetap akan berlaga di ajang Liga 2 pada musim depan.

Direktur Utama PT PSS, Andywardhana Putra, membeberkan alasannya memilih Putu Gede sebagai pelatih baru PSS. Menurut Andy, Putu memiliki kualitas yang bagus sebagai pelatih.

Selain itu, karakter permainan ala Putu Gede juga dinilai cocok dengan karakter sepak bola ala Sleman, yaitu mengembalikan gaya bermain Elang Jawa, julukan PSS Sleman, ke akarnya dengan mengandalkan pemain muda.

“Coach Putu juga punya komitmen untuk mengembangkan pemain muda dan pemain-pemain asli Kabupaten Sleman,” ujar Dirut PSS Sleman itu.

Nantinya Putu Gede tidak akan bekerja sendirian. Ia akan didampingi dua asisten pelatih, yaitu Guntur Cahyo Utomo dan Lukman Afif.

Guntur bukan nama yang asing di tubuh PSS Sleman. Sejak beberapa musim terakhir, sosok yang pernah menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia U-19 itu bertanggung jawab untuk mengelola akademi pemain muda PSS.

Sementara itu, Lukman Afif sudah mendampingi Putu Gede saat masih di Persekat Tegal. Sebelumnya, Lukman juga sudah malang melintang di beberapa klub Jawa Tengah yang lain.

Sebut saja Persis Solo dan Persijap Jepara. Berada di klub itu, Lukman Afif juga bertindak sebagai asisten pelatih.

PSS Sleman saat ini berada di posisi ke-11 dalam klasemen sementara BRI Liga 1. Mereka memiliki 21 poin dari 17 pertandingan yang dijalani.

PSS siap tancap gas untuk tampil apik pada putaran kedua nanti. Mereka pun sudah menggelar sesi latihan rutin pada Senin (20/12/2021) setelah sempat libur selama sepekan.

PSS Sleman dihadapkan kepada laga berat dalam tiga pekan pertama putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022. Dalam tiga pekan awal itu, Elang Jawa harus berhadapan dengan Persiraja Banda Aceh, Arema FC, dan Madura United.