Piala AFF Berebut Tiket Semifinal: Presiden FAM Optimistis Malaysia Kalahkan Timnas Indonesia

Presiden Persatuan Sepak Bola Malaysia (FAM) Datuk Haji Hamidin Haji Mohd Amin optimistis Harimau Malaya bisa mengalahkan Timnas Indonesia di laga pamungkas Grup B, AFF Suzuki Cup 2020 di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021).

Keyakinan tersebut diungkapkan Datuk Haji Hamidin saat mengadakan pertemuan secara virtual dengan seluruh skuad dan ofisial Malaysia termasuk pelatih Tan Cheng Hoe pada Jumat (17/12/2021).

“Saya memiliki keyakinan yang tinggi bahwa tim kita akan mampu mengalahkan Indonesia dengan komitmen seluruh pemain dan ofisial serta strategi yang tepat,” kata Datuk Haji Hamidin dikutip dari akun Instagram FA Malaysia.

“Strategi dan kemauan para pemain ini penting kita padu-padankan dengan sebaik-baiknya saat menghadapi Indonesia nanti,” ujarnya.

Presiden FAM tersebut berharap seluruh penggawa tim Malaysia memberikan komitmennya 100 persen agar bisa merebut tiga poin dari Indonesia.

“Bagi saya, lawan Indonesia ini tidak mustahil untuk kami menangkan. Saya tahu kami bisa bermain lebih baik dan bisa menang,” lanjutnya.

“Semua ini menuntut komitmen seratus persen dari seluruh pemain dan ofisial untuk jangka waktu dua hingga tiga hari sebelum pertandingan pada Minggu.”

Meski optimistis dengan kekuatan Malaysia, ia juga menekankan kepada Safawi Rasid dkk untuk tetap waspada kepada Indonesia.

Terlebih lagi Malaysia diharuskan meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal Piala AFF sementara Indonesia hanya butuh imbang.

“Hanya sedikit ‘kerugian’ kami harus menang, kami tidak boleh seri. Kalau sudah unggul satu gol, Indonesia masih bisa menyamakan kedudukan di menit-menit akhir.”

“Jadi kami harus hati-hati karena jika imbang, kami akan gagal lolos ke semifinal. Saya kira para pemain akan tahu tugas dan tanggung jawabnya. Saya yakin Macan Malaya bisa melakukannya,” tutur Datuk Haji Hamidin.

Sebelumnya, Tan Cheng Hoe juga meminta anak asuhnya untuk mengerahkan segala kemampuan saat melawan Indonesia demi meraih kemenangan.

Ia pun meminta seluruh skuadnya berpikiran positif bisa meraih tiga angka karena hasil seri atau kalah bakal membuat Malaysia tersingkir dari Piala AFF 2020.

“Saya sudah mengatakan kepada anak-anak untuk menang dengan segala cara melawan Indonesia,” kata Tan Cheng Hoe.

“Ini akan menjadi tantangan, tetapi kami akan memasuki pertandingan dengan pikiran positif. Yang penting, kami harus turun ke lapangan dengan sikap terbaik,” tegasnya.

Malaysia Yakin Timnas Indonesia Bakal Tampil Bertahan

Pelatih Malaysia Tan Cheng Hoe yakin Timnas Indonesia akan tampil bertahan saat pertemuan kedua negara di pertandingan terakhir penyisihan Grup B Piala AFF 2020.

Duel klasik Malaysia vs Indonesia akan digelar di National Stadium Singapura pada Minggu (19/12/2021) pukul 19.30.

Laga ini menjadi pertandingan yang amat sangat penting bagi Malaysia dan Indonesia guna menentukan kelolosan ke semifinal Piala AFF 2020.

Jelang pertemuan tersebut, Garuda sedikit lebih diuntungkan daripada pasukan Harimau Malaya. Indonesia saat ini unggul satu poin atas Malaysia serta memiliki catatan gol yang lebih baik.

Skuad asuhan Shin Tae-yong itu pun hanya butuh hasil imbang untuk menyegel satu slot di partai semifinal.

Sedangkan Malaysia, mereka dituntut harus meraih kemenangan untuk masuk ke empat besar. Hasil imbang atau kekalahan bakal membuat tim racikan Tan Cheng Hoe angkat koper lebih cepat.

Untuk itu Cheng Hoe telah meminta anak asuhnya untuk bermain habis-habisan dan berpikiran positif demi meraih kemenangan.

Terlebih lagi, ia meyakini Timnas Indonesia akan menerapkan taktik bertahan demi mengamankan satu poin.

“Saya sudah mengatakan kepada anak-anak untuk menang dengan segala cara melawan Indonesia,” kata Cheng Hoe dikutip KompasTV dari The Star Malaysia.

“Ini akan menjadi tantangan, tetapi kami akan memasuki pertandingan dengan pikiran positif. Yang penting, kami harus turun ke lapangan dengan sikap terbaik.”

“Indonesia hanya butuh hasil imbang, dan kami yakin mereka akan bertahan, tapi kami juga tahu seberapa cepat mereka bisa menyerang. Jadi kami harus fokus dan tidak boleh melakukan kesalahan.”

“Kami tidak dapat memprediksi bagaimana lawan kami akan bermain pada hari itu, jadi para pemain harus bersiap untuk segala kemungkinan,” ujarnya.

Meski tidak memiliki banyak pemain berpengalaman, Tan Cheng Hoe tetap mewaspadai semangat para pemain muda Timnas Indonesia.

Ia pun meminta lini belakangnya fokus menjaga para pemain-pemain cepat yang dimiliki Timnas Indonesia seperti Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman serta Ramai Rumakiek.

“Indonesia mungkin tidak memiliki pengalaman tetapi talenta muda mereka telah menunjukkan mengapa mereka menjadi kekuatan di kawasan ini. Jika kami lengah, mereka akan menghukum kami,” kata Cheng Hoe.

“Hasil yang terpenting bagi kami, bukan gaya yang kami mainkan. Para pemain harus saling percaya, bekerja keras, menciptakan peluang, dan mencetak gol. Ini do or die untuk kita,” tegasnya.

Kabar baik menghampiri ke kubu Malaysia setelah mereka kedatangan pemain Midtjylland FC, Dion Cools, untuk memperkuat lini pertahanan. Selain itu, Akhyar Rasyid yang di laga sebelumnya harus absen akibat positif Covid-19 juga siap diturunkan untuk menghadapi Timnas Indonesia.

“Dion telah tiba (dari Denmark) dan terlihat termotivasi untuk membantu kami mencapai tahap selanjutnya. Kehadirannya, saya harap, akan membawa stabilitas dan kekuatan di pihak kita. Dan Akhyar juga akan bergabung dengan kami,” pungkas Tan Cheng Hoe. (tribunnews)