Piala AFF 2020: Shin Tae-yong Ingin Hadapi Tim Ini di Final

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memprediksi lawan yang akan ia hadapi jika lolos ke babak final Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia menahan imbang Vietnam pada partai ketiga Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021).

Timnas Indonesia yang tampil dengan strategi defensif pada laga tersebut mampu menahan gelombang serangan dari Vietnam. Pertandingan pun berakhir dengan skor kacamata alias 0-0.

Strategi pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dipuji oleh media Korea Selatan, Yonhap News.

Menurut Yonhap, hasil imbang lawan Vietnam yang punya ranking FIFA jauh di atas Indonesia dan dilatih oleh sesama orang Korea Selatan, Park Hang-seo, adalah kemenangan taktik bagi Shin Tae-yong.

Hasil itu juga membuat timnas Indonesia tetap berada di puncak klasemen Grup B dan unggul selisih gol dari Vietnam yang sama-sama mengoleksi tujuh poin.

Usai menahan imbang Vietnam, Shin Tae-yong langsung bicara soal partai final Piala AFF 2020.

Pelatih 52 tahun itu berharap bisa bertemu sekali lagi dengan anak asuh Park Hang-seo di laga puncak.

“Saya pikir kami akan berhadapan dengan Vietnam di partai final,” ucap Shin dilansir dari Yonhap.

“Tim dengan pertahanan dan penyerangan terbaik akan bergabung setelah babak penyisihan, jadi saya bisa membuat citra yang lebih baik untuk Korea Selatan,” Shin melanjutkan.

Aksi bek timnas Indonesia, Rizky Dwi Ferbrianto yang dikawal pemain Vietnam dalam laga Grup B Piala AFF 2020, 15 Desember 2021.

Namun sebelum itu Shin harus berkonsentrasi untuk memimpin timnas Indonesia pada laga terakhir fase grup.

Pasalnya, timnas Indonesia masih harus berhadapan dengan rival abadi, Malaysia, pada matchday keempat Grup B, Minggu (19/12/2021).

Timnas Indonesia tak boleh kalah dari Malaysia untuk memastikan diri lolos ke semifinal sebagai salah satu perwakilan Grup B.

Pada hari yang sama, timnas Vietnam akan bertanding melawan tim yang sudah tak punya kans lolos, Kamboja.