Sambut Seri Keempat Liga 1, Persib Bandung Harus Jalani Persiapan Berbeda

Seri keempat Liga 1 2021/22 akan dilaksanakan pada Januari mendatang, yang artinya tim sudah mulai mempersiapkan diri untuk menyambut event tersebut. Liga 1 seri keempat akan dilaksanakan di luar Pulau Jawa, berbeda dengan yang sebelumnya.

Tim-tim Liga 1 sudah mulai terbiasa bermain di Jabodetabek, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, hingga Jawa Tengah. Perpindahan kompetisi kasta teratas ini ke Bali tentu akan jadi tantangan tersendiri, hal itu turut berlaku pada Persib Bandung.

Menurut pelatih Persib, Robert Rene Alberts, timnya harus menjalani persiapan yang berbeda karena Pulau Bali jelas berbeda dengan venue seri sebelumnya. Robert tidak mau lama-lama meliburkan tim pada jeda kompetisi ini, sehingga mereka tetap tancap gas.

“Kami harus melakukan persiapan yang matang, karena ini situasi yang sangat berbeda dengan sebelumnya. Ini lingkungan yang benar-benar baru,” jelas sosok asal Belanda itu, dinukil dari laman resmi Persib.

“Kami harus melakukan persiapan matang karena akan menghadapi jadwal yang ketat di sana. Kalian juga bisa melihat di akhir seri ketiga pemain mulai mengalami cedera karena kondisi lapangannya. Jadi kami harus berhati-hati karena perlu memulai (seri empat) dengan bagus tentunya di Bali,” imbuh dia.

Selain mempersiapkan program, Robert juga harus memikirkan adaptasi dua pemain penting. Nama pertama adalah Rashid Bassim, yang baru saja menjalani tugas bersama timnas Palestina. Sementara nama lain adalah David da Silva, yang baru saja direkrut untuk putaran kedua kompetisi.

Keduanya belum gabung dengan tim, dan keduanya harus menjalani proses yang panjang karena situasi pandemi virus corona saat ini, sehingga pemerintah Indonesia menetapkan protokol karantina. Robert sangat berharap, keduanya bisa segera gabung.

“Rashid tentunya harus menjalani karantina. Begitu pula dengan (David) da Silva. Dia sudah dalam perjalanan kembali, tapi masih harus mengurus visa dan karantina selama sepuluh hari. Tentunya dia juga harus melalui tes PCR dan lain sebagainya,” kata Robert.

Saya harap dia bisa segera bergabung dengan kami dalam latihan di bulan ini, sebelum kami bertolak ke Bali.. Jadi saya tidak bisa menyebutkan secara pasti tanggal berapa mereka tiba. Tapi mereka sudah dalam perjalanan, mungkin saja sudah tiba. Saya belum tahu secara pasti,” tuntas eks pelatih Arema itu.