Parkir Bus, Timnas Indonesia Paksa Vietnam Bermain Imbang

Timnas Indonesia tetap menjaga asa melaju ke semi-final Piala AFF 2020 setelah dalam pertandingan ketiga mereka menahan juara bertahan Vietnam tanpa gol di Stadion Bishan dalam laga Grup B di Stadion Bishan, Rabu (15/12) malam WIB.

Hasil imbang ini membuat Indonesia tetap berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi nilai tujuh. Raihan poin Indonesia sama dengan Vietnam, tapi unggul selisih gol. Sedangkan Malaysia berada di peringkat tiga dengan tujuh poin.

Indonesia harus melakukan pergantian penjaga gawang menjelang laga dimulai. Hal itu disebabkan Ernando Ari mendapatkan cedera saat melakukan pemanasan, dan tempatnya digantikan Nando Argawinata.

Akibatnya, Indonesia tidak mempunyai kiper cadangan di laga ini. Pasalnya, M Riyandi dan Syahrul Trisna Fadillah tidak didaftarkan dalam 23 nama di daftar susunan pemain, sehingga tidak bisa masuk, karena waktu sudah mendekati kick-off.

Vietnam langsung mengambil inisiatif menyerang sejak peluit kick-off ditiupkan wasit demi mendapatkan gol cepat. Sedangkan Indonesia yang berada dalam tekanan mengalami kesulitan mengembangkan permainan.

Pertarungan mulai berlangsung keras, dan merambat ke luar lapangan. Sejumlah pelaggaran yang dilakukan pemain Indonesia membuat bangku cadangan Vietnam gaduh. Beberapa ofisial, termasuk pelatih Park Hang-seo, tampak bereaksi berlebihan setiap ada pemain yang dilanggar.

Vietnam yang mengalami kesulitan menembus pertahanan Indonesia sempat mendapatkan peluang pada menit ke-28. Kendati demikian, tendangan Nguyen Quang Hai masih dapat diamankan Nadeo dengan mudah.

Di lain sisi, Indonesia memperlihatkan pertahanan solid dan rapat, sehingga membuat Vietnam mengalami kesulitan membuka ruang dalam upaya mereka mendapatkan ruang tembak.

Berkali-kali menemui jalan buntu memasuki area kotak penalti Indonesia, Vietnam mulai mencoba melepaskan tendangan dari jarak jauh. Hanya saja, sepakan penggawa Vietnam ini tidak ada yang menemui sasaran. Skor imbang tanpa gol menutup babak pertama.

Seperti halnya di babak pertama, Vietnam tetap memperlihatkan agresif di paruh kedua. Ancaman sempat diberikan ketika laga berjalan dua menit. Nguyen Phong Hong Duy melepaskan umpan ke depan gawang, tapi Nguyen Tien Linh terlambat menyambut bola.

Indonesia mulai sedikit bermain terbuka selepas laga berjalan satu jam. Namun serangan skuad Garuda dapat dipatahkan barisan belakang Vietnam yang sepanjang babak pertama tidak bekerja terlalu keras.

Permainan terbuka ini membuat Vietnam mendapatkan peluang pada menit ke-71. Menerima bola dari sisi kanan serangan, Nguyen Hoang Duc memberikan umpan pendek kepada Tien Linh. Beruntung tendangan pemain bernomor punggung 22 ini tidak menemui sasaran.

Di waktu tersisa, Vietnam terus melakukan tekanan ke pertahanan Indonesia. Kendati demikian, tembok belakang tim Merah Putih yang kukuh membuat mereka menemui jalan buntu. Skor imbang tanpa gol pun akhirnya menutup pertandingan. (Goal.com Indonesia)

Berikut susunan pemain kedua tim:

Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Rizki Ridho, Pratama Arhan, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Irfan Jaya, Witan Sulaeman; Ezra Walian.

Vietnam: Tran Nguyen Manh; Vu Vanh Thanh, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Nguyen Phong Hung Duy, Nguyen Thanh, Cung Nguyen Tuan Anh, Nguyen Hoang Duc, Phan Van Duc, Nguyen Quang Hai, Nguyen Chong Puong.