Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong Fokus Hadapi Vietnam

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong langsung fokus menghadapi pertandingan ketiga Grup B Piala AFF 2020 melawan Vietnam, Rabu (15/12) malam WIB, demi melicinkan jalan menuju semi-final.

Indonesia memetik kemenangan kedua setelah menggasak Laos dengan skor telak 5-1. Begitu juga dengan Vietnam yang secara meyakinkan membungkam Malaysia 3-0. Kedua tim ini kini berada di puncak klasemen, sehingga laga nanti sangat menentukan.

Pemenang pertandingan pertengahan pekan depan berpeluang sangat besar lolos ke semi-final, karena Piala AFF menerapkan sistem head-to-head untuk menetapkan posisi di klasemen. Sementara Malaysia tinggal menunggu duel terakhir melawan Indonesia pada 19 Desember.

Tae-yong mengutarakan, pertandingan melawan Laos menjadi gambaran buat dirinya untuk menerapkan skema ideal melawan Vietnam. Kehadiran sejumlah pemain juga turut menambah kepercayaan diri juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

“Saya sudah fokus ke pertandingan berikutnya. Jadi pertandingan ini (melawan Laos) menjadi bahan evaluasi bagaimana kami mempersiapkan tim, dan membenahi kelemaham di dalam tim,” ucap Tae-Yong.

Sang pelatih juga menyadari duel melawan Vietnam tidak mudah, karena calon lawan memiliki materi pemain bagus. Namun Tae-yong meyakini anak asuhnya akan masuk ke dalam lapangan dengan semangat tinggi.

“Vietnam adalah tim terkuat di Piala AFF. Mereka kandidat juara. Jika pemain mampu tampil dengan baik, percaya diri, dan menjalankan taktik dengan 100 persen, saya yakin kami mampu mengalahkan Vietnam,” tegas Tae-yong.

Pelatih berusia 51 tahun ini memberikan apresiasi kepada pemain yang telah memperlihatkan performa lebih baik dibandingkan sebelumnya. Dimasukkannya pemain yang baru bergabung turut memberikkan pengaruh terhadap penampilan tim.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada pemain atas kemenangan ini. Seluruh pemain sudah bekerja keras. Walau kami memasukkan beberapa pemain baru hari ini, kemenangan ini merupakan hasil kerja keras 30 pemain di dalam tim,” ucap Tae-yong.

“Kami menyadari akan ada dua pertandingan lebih sulit di depan mata, sehingga kemenangan ini bakal memberikan kami rasa percaya diri. Jika kami bermain dengan berani, saya yakin kami akan mendapatkan hasil positif.”