Besok, PT LIB Buka Bursa Transfer Pemain Putaran Kedua Liga 1

PT Liga Indonesia Baru (LIB) segera membuka bursa transfer putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022. Jendela perpindahan antarpemain itu akan dimulai pada Rabu (15/12/2021).

Momentum bursa transfer paruh musim BRI Liga 1 dapat dimanfaatkan para peserta mengevaluasi skuadnya, semisal mencari pemain baru atau melepas personel lama.

Sesuai dengan kalender periode pendaftaran pemain seluruh dunia di laman FIFA, setiap klub BRI Liga 1 diberikan kesempatan untuk bertransaksi hingga 12 Januari 2022.

“Bursa transfer putaran kedua BRI Liga 1 digelar pada 15 Desember 2021-12 Januari 2022,” kata Deputi Direktur Operasional PT LIB, Asep Saputra kepada Bola.com, Senin (13/12/2021).

Periode bursa transfer menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh kontestan BRI Liga 1. Persib Bandung bahkan telah mencuri start dengan mendatangkan David da Silva untuk pada Senin (13/12/2021).

Ketika jendela perpindahan antarpemain dibuka, BRI Liga 1 diliburkan. Kompetisi baru akan kembali bergulir pada 5 Januari 2021 dengan menggelar seri keempat di Bali.

Kasak-kusus rumor menjelang bursa transfer paruh musim BRI Liga 1 telah berseliweran di media sosial. Persija Jakarta, misalnya, yang terus dihubungkan dengan Makan Konate.

Tim berjulukan Macan Kemayoran itu dipastikan bakal agresif di lantai bursa. Pasalnya, Persija butuh suntikan darah segar demi bersaing di papan atas pada putaran kedua BRI Liga 1.

“Konate? Pemain bagus. Di media sosial banyak yang minta Persija merekrut dia? Oh begitu ya. Tunggu saja tanggal mainnya,” kata Direktur Persija, Ferry Paulus belum lama ini.

Sejumlah klub telah bermanuver meski bursa transfer belum dibuka. Beberapa tim mengumumkan perpisahan dengan pemain lama.

Borneo FC memutuskan untuk tidak lagi memakai jasa Guy Junior, begitu juga Persib yang melepas Geoffrey Castillion. PSIS Semarang pun baru saja mengakhiri kerja sama dengan Brian Ferreira.

Selain Persib, ada pula klub yang memilih mencolong start dalam belanja pemain, yakni Persipura Jayapura. Tim berjulukan Mutiara Hitam itu meresmikan Mamadou Barry, penyerang naturalisasi kelahiran Guinea pada Senin (13/12/2021).

Namun, langkah Persipura terancam sia-sia. Striker berusia 35 tahun itu tidak dapat bermain di putaran kedua BRI Liga 1.

Sesuai peraturan PT LIB, seorang pemain maksimal didaftarkan oleh tiga klub yang berbeda dalam semusim, namun hanya boleh bermain untuk dua tim di antaranya.

Di musim ini, Mamadou Barry telah beraksi untuk PSMS Medan di putaran pertama Liga 2 dan Persewar Waropen di paruh kedua kompetisi yang sama.