Piala Pertiwi-Liga 1 Putri bergulir 2022

Ketua Umum Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) H. Nadalsyah yang baru terpilih Sabtu ini mengatakan Piala Pertiwi dan Liga 1 Putri akan bergulir pada 2022.

“Untuk Piala Pertiwi akan bergulir mulai 13 Februari 2022. Ini sebenarnya program kepengurusan ASBWI sebelumnya. Kemarin turnamen ini tidak diadakan karena pandemi COVID-19,” kata Nadalsyah usai Kongres Biasa Pemilihan ASBWI di Jakarta, Sabtu.

Sementara untuk Liga 1 Putri yang tidak digelar pada 2020 dan 2021 juga lantaran pandemi, akan berlangsung Agustus 2022.

Sebelum menyiapkan semua hal teknis liga tersebut, Nadalsyah menegaskan pihaknya tengah menunggu surat perintah dari PSSI.

“PSSI memberikan mandat kepada kami untuk menyelenggarakan Liga 1 Putri. Jadi kami menunggu surat mandat itu,” tutur Nadalsyah.

Namun, sebelum dua turnamen itu, Nadalsyah menyebut ASBWI fokus menyiapkan tim nasional putri Indonesia ke Piala Asia 2022 di India.

ASBWI, organisasi yang berada di bawah naungan PSSI, berharap skuad “Garuda Pertiwi” mendapatkan prestasi terbaik dalam kompetisi tersebut.

“Itu salah satu pekerjaan rumah pertama kami sebagai pengurus baru ASBWI,” kata Nadalsyah.

Timnas putri kini menjalani pemusatan latihan persiapan Piala Asia Putri di Jakarta yang berlangsung pada 12-30 Desember 2021. Ada 40 pemain yang mengikuti kegiatan itu.