Malaysia Minta Tambahan Pemain di Piala AFF, Pelatih Vietnam Meradang

Ajang Piala AFF 2020 dihebohkan dengan ancaman mundur dari Timnas Malaysia bila skuatnya tidak diperbolehkan menambah beberapa pemain baru. Hal memancing reaksi pelatih Vietnam, Park Hang-seo.

Seperti diketahui, saat ini timnas Malaysia besutan Tan Cheng Hoe sedang mendapat masalah terkait empat pemain dinyatakan positif terpapar virus corona.

Mereka yakni Akhyar Rashid (striker), Quentin Cheng (full-back), Faisal Halim (winger), dan Khairulazhan Khalid (kiper). Hal itu membuat Tan Cheng Hoe hanya memiliki sisa 19 pemain di ajang Piala AFF 2020.

Ia sempat mengungkapkan keinginan untuk mendatangkan pemain baru dari Negeri Jiran. Pelatih berusia 53 tahun tersebut berharap agar pihak penyelenggara Piala AFF bisa memberikan belas kasih.

“Tentu kami memahami dan menghormati aturan turnamen, tetapi terkadang ada keadaan yang tidak terduga, terutama dalam situasi COVID-19 seperti ini. Kami tidak punya cara lain,” ujar Tan Cheng Hoe dilansir dari laodong.

“Saya harap penyelenggara dapat bersimpati dan izinkan kami menambah pemain,” katanya menambahkan.
Baca Juga

Sementara itu, pernyataan dari Tan Cheng Hoe itu justru membuat pelatih Vietnam yakni Park Hang-seo geram. Pelatih asal Korea Selatan tersebut dengan tegas menyalahkan pihak Malaysia karena hanya membawa 23 pemain ke Singapura.

Bila keinginan Malaysia dikabulkan oleh AFF, Vietnam dan timnas Indonesia bisa dirugikan. Saat ini mereka sedang bersaing di Grup B untuk mendapat tiket ke semifinal Piala AFF 2020.

“Kami tahu bahwa tim Malaysia kehilangan 4-5 pemain karena infeksi Covid-19,” kata Park Hang-seo

“Sejak awal sudah ada aturan yang jelas bagaimana pemain yang bermasalah atau terinfeksi Covid-19 akan ditangani.”

“Jika mereka memanggil pemain baru sebagai gantinya, itu jelas tidak masuk akal,”

“Kita semua tahu bagaimana situasi pandemi, tetapi mereka tidak proaktif dalam mempersiapkan lebih banyak (pemain), membawa 30 pemain ke Singapura misalnya,” ucapnya menambahkan.

Pertandingan Piala AFF 2020 antara Timnas Malaysia menghadapi Vietnam sendiri digelar pada Minggu (12/12/21) besok pukul 19.30 WIB.