Berkaca Pengalaman di Malta, Taisei Marukawa: Kualitas Marselino Ferdinan Bisa Tembus Eropa

Pernah main di Eropa saat usia muda, gelandang Persebaya Surabaya di Liga 1 2021, Taisei Marukawa mengaku jika Marselino Ferdinan juga bisa.

Sebagaimana pemain bola lainnya, Taisei Marukawa gemar bermain sepak bola sejak kecil. Namun, mengingat kebijakan Jepang, ia tetap mementingkan pendidikannya.

Taisei Marukawa memutuskan untuk tetap menyelesaikan kuliah sambil berlatih sepak bola. Kemudian, saat ia sudah jadi sarjana, Taisei pun mencoba peruntungan di Eropa.

Bahkan, perjalanan itu tidak mudah. Taisei Marukawa harus mengikuti seleksi terlebih dahulu, sebelum akhirnya ia dikontrak oleh tim Senglea Athletic FC, klub asal Malta.

“Klub profesional pertama saya di Malta, di Eropa. Ya, saya main di luar negeri, setelah saya menyelesaikan kuliah saya, saya pergi ke Malta,” jelas Taisei via Tiento Indonesia.

“Saya juga ikut seleksi di sana, lalu sampai akhirnya saya dikontrak oleh mereka. Dua tahun saya bermain di Eropa, lalu saya pun datang ke sini (Persebaya),” imbuhnya.

Ya, Taisei Marukawa pun menandatangani kontrak bersama Persebaya Surabaya pada Mei 2021 lalu, dan bertemu dengan pemain muda potensial, yaitu Marselino Ferdinan.

Saat Persebaya menjamu Barito di pekan ke-15 Liga 1, Marselino Ferdinan mencetak gol dengan memanfaatkan assist Taisei.

Begitu pula Taisei Marukawa yang turut membukukan gol, setelah mendapatkan umpan matang dari Marselino Ferdinand.

Marukawa: Marselino Bisa Main di Eropa

Tak pelak, pesepak bola asal Jepang itu menganggap Marselino Ferdinan adalah pemain muda terbaik, dan memungkinkan untuk melanjutkan karirnya di klub Eropa.

“Pemain muda terbaik di Liga 1, menurut saya adalah Marselino Ferdinan, pemain nomor tujuh di tim kami,” ungkap Taisei.

“Dia masih muda, 17 tahun, tapi dia punya kualitas. Mungkin Marselino Ferdinan bisa bermain di Eropa, dia bagus,” tuntasnya.