Sempat Tertinggal, Persipura Bangkit Kalahkan PSIS Semarang

Persipura Jayapura berhadapan dengan PSIS Semarang dalam pertandingan pekan ke-17 Liga 1 2021/2022 melawan PSIS Semarang. Kedua tim berhadapan di Stadion Manahan, Solo pada Sabtu malam WIB 11 Desember 2021.

Pertandingan berjalan menarik sejak menit pertama. Di mana Persipura dan PSIS berani bermain terbuka dan gantian melancarkan serangan ke pertahanan lawan.

Saling jual beli serangan terus terjadi, dan gol baru hadir pada menit 42. Pemain pengganti, Aqsha Saniskara membawa PSIS unggul atas Persipura.

Septian David memberikan umpan matang ke dalam kotak penalti. Aqsha kemudian meneruskannya dengan sundulan yang membuat bola sulit dijangkau oleh kiper Persipura, Fitrul Dwi Rustapa.

Memulai babak kedua dengan kondisi tertinggal membuat pemain Persipura coba untuk tancap gas. Mereka menempel ketat pemain PSIS ketika sedang kehilangan penguasaan bola.

Permainan tempo cepat Persipura itu menghasilkan gol pada menit 54. Ferinando Pahabol menerima umpan di dalam kotak penalti dan tanpa ragu melepaskan tembakan langsung ke arah gawang.

Kepercayaan diri pemain tim berjuluk Mutiara Hitam terangkat setelah gol ini. Mereka justru berbalik unggul pada menit ke-70 melalui tendangan dari dalam kotak penalti yang dilepaskan Gunansar Mandowen.

Keunggulan Persipura ini bertahan hingga pertandingan usai. Meski dapat tambahan tiga angka, tapi skuad asuhan Angel Alfredo Vera masih ada di urutan 16 klasemen, atau batas akhir zona degradasi.

Dari 17 pertandingan yang telah dilakoni, Persipura telah membukukan 13 poin. Tiga kemenangan, empat imbang, dan 10 kekalahan jadi catatan.

Sedangkan PSIS kini menempati urutan keenam klasemen. Tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar memiliki 27 poin.

Susunan Pemain

Persipura: Fitrul Dwi Rustapa; Muhammad Tahir, Doni Harold Monim, Brian Fatari (Israel Wamiau 70′), Irsan Lestaluhu, Nelson Alom, Takuya Matsunaga, Gunansar Mandowen (Fridolin Yoku 79′), Hedipo Gustavo, Ferinando Pahabol, Yevhen Bokhashvili (Elisa Basna 82′).

PSIS Semarang: Jandia Eka Putra; Fredyan Wahyu (Aqsha Saniskara 13′), Wallace Costa (Rio Saputro 58′), Wahyu Prasetyo, Frendi Saputra, Eka Febri (Fandi Eko 29′), Jonathan Cantillana, Reza Irfana (Damas Damar Jati 58′), Septian David (Riyan Ardiansyah 58′), Bruno Silva, Komarudin.