Piala AFF 2020 – Shin Tae-yong Umbar Satu Kesulitan Timnas Indonesia

Juru taktik timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan satu kesulitan di tengah mengarungi Piala AFF 2020 di Singapura.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong memang telah memulai perjalanannya di Piala AFF 2020.

Pada Piala AFF 2020, Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia baru melakoni laga pembukanya.

Pertandingan pertama Piala AFF 2020 yang dilakoni timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong yakni melawan timnas Kamboja, 9 Desember 2021.

Dalam pertandingan tersebut, skuat Garuda mampu menang 4-2 atas timnas Kamboja.

Empat gol timnas Indonesia dibuat melalui Rachmat Irianto pada menit keempat dan (33′), Evan Dimas (17′), serta Ramai Rumakiek (54′).

Sedangkan dua gol timnas Kamboja lahir dari Yue Safy (37′) dan Prak Mony Udom (60′).

Setelah berhasil menang menghadapi timnas Kamboja, timnas Indonesia akan menjalani laga keduanya di Piala AFF 2020 dengan bersua timnas Laos.

Duel timnas Indonesia kontra timnas Laos bakal berlangsung pada 11 Desember 2021.

Jelang melawan timnas Laos, Shin Tae-yong selaku pelatih timnas Indonesia itu membongkar satu kesulitan timnya selama di Singapura.

Shin menilai kesulitan yang dialami timnas Indonesia yakni timnya membutuhkan dukungan lebih dari fan skuat Garuda saat di lapangan.

Sayangnya, Piala AFF 2020 kini diselenggarakan di Singapura yang mungkin membuat dukungan tidak semeriah saat timnas Indonesia kalau bermain di Tanah Air.

Terlebih, situasi pandemi COVID-19 yang mungkin menambah berat kesulitan timnas Indonesia tersebut.

“Memang selama ini ada kesulitan (di Singapura) karena tidak bisa bersama para fan indonesia akibat adanya pandemi,” kata Shin Tae-yong kepada awak media termasuk BolaSport.com, 11 Desember 2021.

“Karena mengadakan kompetisi itu di Singapura,” tambah juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Meskipun begitu, Shin Tae-yong tetap memberikan apresiasi kepada sebagian suporter timnas Indonesia yang datang ke stadion saat skuat Garuda berlaga di Singapura.

Shin juga memberikan penilaian terhadap suporter dari negara-negara lain yang hadir.

Bagi pelatih berusia 52 tahun tersebut, kedatangan para pendukung dapat memberikan suntikan semangat untuk masing-masing kontestan di Piala AFF 2020.

“Jadi, saat ini bukan hanya fan indonesia saja tapi ada pendukung-pendukung dari negara lain juga ada pastinya dari Singapura dan Vietnam juga ada,” tutur Shin Tae-yong.

“Saya melihatnya sangat baik dan juga menjadi semangat bagi tim-tim yang ada di sini,” ucap Shin menambahkan.