Klub Indonesia Resmi Kembali Berlaga Di Liga Champions Asia

Persaingan Piala AFC Zona ASEAN di musim 2023 bakal lebih sengit, karena klub Australia juga ikut ambil bagian.

Klub Indonesia dipastikan kembali merasakan atmosfer Liga Champions Asia (LCA) pada 2023 setelah menghilang selama dua musim. Kepastian itu berdasarkan rilis yang dikeluarkan konfederasi sepakbola Asia (AFC).

Terakhir kali klub Indonesia mencicipi kompetisi antarklub kasta tertinggi di Asia tersebut adalah tahun lalu. Saat itu Bali United menjadi wakil Indonesia, dan mengawalinya di babak pendahuluan.

Selepas menekuk klub Singapura Tampines Rovers dengan skor agregat 5-3, Bali United selanjutnya di bekap Melboure Victory 5-0, sehingga gagal melaju ke babak play-off. Bali United akhirnya berlaga di Piala AFC. Namun kompetisi dihentikan di tengah jalan akibat pandemi virus Corona.

Sedangkan di musim 2021 dan 2022, Indonesia tidak mendapatkan jatah tampil di LCA, karena berdasarkan perhitungan poin tak termasuk ke dalam daftar klub yang berhak tampil di LCA. Perwakilan Myanmar yang justru mendapatkan jatah berlaga di LCA.

Kini, klub Indonesia bisa kembali merasakan kompetisi LCA pada 2023. Kepastian itu berdasarkan ranking kompetisi 2021 yang dirilis pada 24 November. Liga 1 menempati posisi ke-26 dengan 15,96 poin. Sedangkan Myanmar di peringkat ke-28 dengan 9,881 poin.

Walau menempati peringkat ke-26 secara keseluruhan, posisi Indonesia masuk ke dalam 12 besar Zona Timur. Indonesia pun berhak mengirim satu wakilnya untuk bertanding di babak pendahuluan atau play-off di Zona Timur.

Di zona itu, ada enam negara Asia Tenggara yang berhak tampil di LCA. Selain Indonesia, lima negara lainnya adalah Thailand yang mendapatkan masing-masing dua tiket otomatis ke fase grup dan babak pendahuluan/play-off, Vietnam (1/1), Filipina (1/0), Malaysia (1/0), dan Singapura (0/1).

Sementara untuk jatah di Piala AFC, tidak terjadi perubahan berarti. Seperti halnya di musim 2020, Indonesia mendapatkan masin-masing satu tiket otomatis berlaga di fase grup Zona ASEAN, serta babak play-off.

Hanya saja, persaingan fase grup Zona ASEAN di musim 2023 bakal lebih sengit. Pasalnya, klub Australia juga akan berlaga di Piala AFC pada 2023. Australia mendapatkan jatah dua tiket otomatis ke fase grup.