Diwarnai Rekor Teerasil Dangda, Thailand Libas Myanmar

Thailand tidak menemui kendala berarti untuk memperlihatkan keperkasaan mereka ketika menghadapi Myanmar, pada laga lanjutan Grup A Piala AFF 2020, di Stadion Nasional Singapura, Singapura, Sabtu (11/12) malam WIB.

Myanmyar sebenarnya tidak tampil begitu buruk, tapi Thailand punya kualitas lebih baik, ditambah skuad berpengalaman yang ada di level berbeda. Sehingga, sejak pertandingan dimulai, laga ini jelas bakal menjadi milik tim Gajah Putih.

Beluk sepuluh menit laga berjalan, Chanathip Songkrasin dan Supachai Chaided sudah menekan Myanmar lewat peluang mereka. Namun, gol baru terjadi pada ke-23 melalui striker legendaris Teerasil Dangda, yang menerima umpan Narubadin Weerawatnodom.

Umpan tersebut disantap Teerasil dari luar kotak penalti, dengan kaki kanan, dan menyasar dengan mantap ke pojok kiri bawah gawang. Gol tersebut menjadi satu-satunya gol yang terjadi pada babak pertama, Thailand unggul 1-0.

Pada babak kedua, permainan Thailand tak banyak berbeda, mereka masih menguasai. Hingga pada menit ke-53, Teerasil Dangda mencetak gol keduanya pada laga ini. Dengan gol tersebut, Teerasil mampu menyamai rekor gol Noh Alam Shah (Singapura) di Piala AFF, dengan 17 gol.

Rekor tersebut dipastikan setelah Thailand mendapat penalti, dan Teerasil dengan mantap mengeksekusi bola untuk menaklukkan kiper Myanmar, Myo Min Latt. Kedudukan 2-0 untuk Thailand membuat Myanmar tambah kesulitan, tapi mereka tetap berusaha mencari gol.

Permainan Thailand sempat menurun, dan Myanmar berulang kali bisa menemukan celah, meski akhirnya tak ada gol yang bisa didapat. Menit 78′, Worachit Kanitsribumphen mencetak gol ketiga untuk Thailand, dengan kaki kanan ia menyambut asis yang diberikan Supachok Sarachart.

Supachok Sarachart yang masuk sebagai pemain pengganti pada laga ini, bisa tampil efektif dan penuh kontribusi. Setelah memberikan asis untuk gol ketiga Thailand, Supachok turut mencatatkan namanya di papan skor pada pengujung laga. Pertandingan pun selesai, dengan kemenangan Thailand, 4-0.