Persik Kediri Paksa Barito Putera Telan Empat Kekalahan Beruntun

Putera dipaksa menelan empat kekalahan beruntun setelah ditaklukkan dengan skor 2-0 di , Rabu (8/12) malam WIB, pada pertandingan pekan ke-16 Liga 1 2021/22.

Tambahan tiga angka ini mengangkat posisi Persik satu tangga lebih baik ke peringkat 13 klasemen sementara dengan koleksi nilai 17. Sedangkan tetap berada di zona merah dengan 12 poin.

Persik mengambil inisiatif menyerang terlebih dulu selepas wasit meniup peluit kick-off. Sebaliknya, Barito Putera mengawali laga dengan permainan buruk, dan beberapa kali melakukan kesalahan umpan.

Situasi itu harus dibayar mahal, karena Persik mampu memanfaatkannya ketika laga memasuki delapan menit. Berawal dari salah umpan, Yusuf Meilana memberikan umpan terobosan kepada Antoni Putro Nugroho yang tanpa kesulitan menaklukkan kiper Andri Prabowo.

Barito Putera selanjutnya mampu memperbaiki performa mereka, dan mulai memberi tekanan ke pertahanan Persik selepas laga berjalan 15 menit. Namun mereka mengalami kesulitan untuk menembus barisan belakang Persik yang tampil solid.

Laskar Antasari sempat menebar ancaman pada menit ke-28. Tendangan bebas Lutfi Kamal dari sisi kanan pertahanan Barito Putera meluncur ke arah gawang, dan memaksa kiper meregangkan otot untuk meninju bola, sehingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Persik memberikan respons terhadap agresivitas Barito Putera. Peluang diperoleh tim besutan Javier Rocha ini pada menit ke-39. Tapi tendangan Youssef Ezzejjari dari luar kotak penalti sambil memutar badan masih bisa ditepis kiper. Skor 1-0 untuk keunggulan Persik tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Barito Putera mengambil inisiatif serangan lebih dulu ketika babak kedua dimulai untuk menyamakan kedudukan. Kendati demikian, mereka masih mengalami kesulitan menembus pertahanan Persik.

Situasi itu membuat Barito Putera mencari peruntungan dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti di menit ke-49. Sayangnya, sepakan masih melayang tipis di atas mistar.

Selepas itu, pertarungan kedua tim menjadi ketat. Barito Putera mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan di menit ke-74, tapi sepakan Aleksandar Rakic dari jarak dekat masih ditepis Dikri.

Persik berbalik memberikan ancaman pada menit ke-80. Tapi sepakan Ezzejjari yang berdiri bebas melenceng di sisi kiri gawang. Selang lima menit kemudian, sepakan Yusuf Meilana mengarah ke pelukan kiper. Macan Putih akhirnya memastikan kemenangan menjadi 2-0 tiga menit sebelum pertandingan usai melalui sepakan Ezzejjari.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Barito Putera: Andri Prabowo; Dandi Maulana, Casio de Jesus, , Bagas Kaffa, Luthfi Kamal, Bayu Pradana, Ambrizal Umanailo, Miftah Anwar Sani, Rizky Pora, Aleksandar Rakic.

Persik: Dikri Yusron; Andri Ibo, Arthur Felix, Ibrahim Sanjaya, Artur Felix, , Dionatan Machado, Yusuf Meilana, ; Antoni Putro Nugroho, Youssef Ezzejjari.

Berita Terkait