5 Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 dengan Rapor Cemerlang dari Level Usia

Skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020 telah terbentuk. Beberapa nama memiliki rapor cemerlang dari level usia.

Piala AFF selalu menjadi momok buat Timnas Indonesia. Lima kali masuk final, lima kali pula kita gagal jadi juara.

Edisi 2020 ini diharapkan bisa menjadi momentum buat Timnas juara. Pelatih Shin Tae-yong sadar harapan tinggi dibebankan kepadanya untuk bisa membantu skuat Merah Putih juara.

Target tinggi itu pula yang membuat Shin Tae-yong menanamkan pola pikir juara agar mental para pemain meningkat. Hal itu diharapkan bisa membuat pemain semakin percaya diri.

“Soal Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF, itu belum dapat dipastikan. Namun, Timnas Indonesia akan bekerja keras dalam setiap pertandingan dengan berpikir kami adalah calon juara,” kata Shin Tae-yong pada konferensi pers virtual pembuka turnamen, Sabtu (4/12/2021).

Skuat yang ada saat ini sebenarnya memiliki mental juara. Ada beberapa nama yang pernah mempersembahkan gelar buat Timnas Indonesia sewaktu bermain di kelompok umur.

Disadur dari Bola.com, ada setidaknya lima pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 yang punya rapor cemerlang di timnas kelompok umur. Simak ulasannya berikut.

Muhammad Riyandi

Muhammad Riyandi dipercaya masuk dalam skuat Piala AFF 2020. Bagi Riyandi, ini menjadi pengalaman perdana bersama Timnas Indonesia di Piala AFF.

Riyadi sejatinya sudah sering bermain di Timnas Indonesia kelompok umur. Pada 2019, Riyandi terdaftar dalam skuat Piala AFF U-22 bersama Timnas Indonesia.

Sayangnya, Riyandi sama sekali tak mencatatkan penampilan pada ajang tersebut. Meski tak bermain, Riyandi tetap terdaftar dalam skuat Timnas Indonesia U-22 yang menjadi juara.

Evan Dimas

Evan Dimas merupakan satu dari sedikit pemain pengalaman Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Evan tercatat sudah tampil sebanyak tiga kali yakni pada 2014, 2016, dan 2018.

Evan juga merupakan pemain yang pernah mencicipi gelar juara bersama Timnas Indonesia U-19. Ketika itu Evan mempersembahkan gelar Piala AFF U-19 2013.

Pada Piala AFF 2020, kontribusi dan pengalaman Evan Dimas akan sangat dibutuhkan. Pelatih Shin Tae-yong diyakini akan memilih Evan sebagai kapten skuat Merah Putih.

Rachmat Irianto

Rachmat Irianto bakal punya peran penting di lini tengah Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Pemain yang akrab disapa Rian itu dikenal sebagai gelandang bertahan yang apik dan tak kenal ampun.

Padahal, Rian dulunya merupakan pemain yang berperan sebagai bek tengah. Rian tercatat punya penampilan apik ketika bermain di Timnas Indonesia U-19 dan U-22.

Rian berhasil membantu Timnas U-19 meraih peringkat ketiga Piala AFF U-19 2017. Adapun pencapaian tertingginya adalah bersama Timnas U-22 saat menjuarai Piala AFFU-22 2019.

Asnawi Mangkualam

Serupa dengan Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam diprediksi bakal punya peran penting di Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020. Permainan Asnawi Mangkualam semakin berkembang di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Tanda-tanda itu sebenarnya sudah terlihat lama saat Asnawi Mangkualam bermain di kelompok umur. Asnawi Mangkualam juga andalan pelatih Indra Sjafri saat menukangi Timnas Indonesia U-22.

Asnawi Mangkualam turut berperan saat membantu Timnas U-22 meraih gelar Piala AFF U-22 2019. Ketika itu, Asnawi memainkan semua pertandingan sebagai bek kanan.

Witan Sulaeman

Witan Sulaeman merupakan andalan Timnas Indonesia di sektor sayap kanan. Perannya bakal dinantikan pada Piala AFF 2020.

Witan Sulaeman sedari dulu sudah tampil mengesankan di Timnas Indonesia kelompok umur. Pada 2019, Witan berhasil membantu skuat Timnas U-22 menjadi juara Piala AFF U-22 2019.

Padahal, ketika itu Witan menjadi pemain termuda dengan usia 18 tahun. Namun, usia tak jadi halangan bagi Witan untuk memberi kontribusi optimal di ajang itu.

Disadur dari: Bola.com/Zulfirdaus Harahap/Hendry Wibowo