Piala AFF: Shin Tae-yong Waspadai Vietnam dan Malaysia

Pelatih Shin Tae-yong mengomentari persaingan Grup B Piala 2020. Ia tak memungkiri, Vietnam dan bakal menjadi batu sandungan.

tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Dua negara pertama diyakini bakal menjadi laga berat buat Garuda.

Baik Vietnam maupun Malaysia sudah dua kali mempermalukan Timnas Indonesia di Kualifikasi . Vietnam menang 3-1 dan 4-0, sementara Malaysia menang 3-2 dan 2-0 atas Timnas Indonesia.

Empat kekalahan di atas akhirnya menyingkirkan dari kursi pelatih Garuda. Shin Tae-yong akhirnya didatangkan PSSI pada Desember 2019 dan kini akan menghadapi Piala AFF pertamanya menghadapi dua lawan yang pernah mempecundangi Timnas Indonesia.

“Memang di Grup ada Vietnam yang sudah juara turnamen sebelumnya (Piala AFF 2018) dan juga ada Malaysia juga yang memang bersaing ketat juga dengan Indonesia,” kata Shin Tae-yong saat memberikan keterangan pers, Sabtu (4/12/2021).

“Dan ada juga Kamboja dan Laos, mereka semua adalah tim yang baik. Jadi memang saya mengikuti turnamen Piala AFF ini untuk pertama kali, tetapi mempersiapkannya dengan baik,” ujarnya menambahkan.

PSSI sudah mengungkapkan target buat Timnas Indonesia, meski bukan melalui pernyataan resmi. Ketum PSSI ingin juara, sementara Sekjen menyebut tak membebani Garuda untuk menjadi yang terbaik.

Sementara itu, PSSI sudah memastikan akan mengevaluasi Shin Tae-yong setelah gelaran Piala AFF. Tapi tak diketahui indikator kegagalan yang akan menurunkan Shin Tae-yong dari jabatannya.

“Setiap pertandingan pastinya kami akan berusaha untuk mendapatkan apa hasil yang diinginkan oleh kami,” tutur Shin Tae-yong.

Indonesia akan melawan Kamboja pada 9 Desember mendatang. Setelah itu melawan Laos 12 Desember, Vietnam 15 Desember, dan Malaysia 19 Desember.

Tiga laga awal Evan Dimas dan kawan-kawan akan berlaga di Stadion Bishan. Untuk laga melawan Malaysia berlangsung di Stadion Nasional.

Berita Terkait