Piala AFF 2020 Jadi Batu Loncatan Kamboja Menuju SEA Games 2023

Jajaran pelatih Kamboja menjadikan 2020 sebagai kesempatan untuk mengasah pemain muda agar siap tampil di kala mereka menyandang status tuan rumah.

Pelatih Ryu Hirose memang memasukkan banyak pemain muda ke dalam daftar 30 nama untuk Piala yang digelar di Singapura mulai akhir pekan ini. Mereka bakal bersaing dengan sejumlah pemain berpengalaman, seperti bek Soeuy Visal, serta duo striker Chan Vathanaka dan Prak Mony Udom.

Skuad Kamboja saat ini masih menggelar latihan di negara mereka. Sesi latihan sudah lengkap dengan bergabungnya sembilan pemain Visakha dan Svay Reng selepas memperkuat klub masing-masing di final Piala Hun Sen 2021. Kamboja masuk ke dalam Grup B bersama , , , dan Laos.

Asisten pelatih Phea Sopheaktra mengungkapkan, federasi sepakbola Kamboja (FFC) telah menetapkan tiga tahapan bagi skuad Angkor Warriors. Tahap pertama adalah Piala AFF, dan dilanjutkan dengan 2021 yang digelar di Vietnam Mei tahun depan, serta tujuan utama di SEA Games 2023 ketika mereka menjadi tuan rumah.

“Tentang 30 pemain yang kami pilih, ini adalah skuad yang sudah kami pertimbangkan sejak awal. Kami selalu berpikir tentang tujuan utama kami di SEA Games 2023,” ucap Sopheaktra dikutip laman Koh Santepheap Daily.

“Kami akan fokus di tiga tahapan, yakni Piala AFF, kemudian pemain yang bisa diturunkan di SEA Games pada Mei 2022 di Vietnam, dan pemain yang kami pilih unttuk SEA Games 2023 di Kamboja.”

“Jadi kami akan fokus memberikan kesempatan kepada pemain yang kami pilih untuk tiga tahapan itu. Tapi pemain yang untuk SEA Games 2023 bukan berarti tidak kami turunkan. Mereka masih punya kesempatan untuk menembus starting eleven di Piala AFF ini.”

Sementara itu, gelandang Brak Thiva mengungkapkan kegembiraannya bisa masuk ke dalam . Pemain berusia 22 tahun ini menegaskan, ia akan berusaha membantu Kamboja meraih hasil terbaik di Piala AFF.

“Saya merasa senang melihat tim ini. Semua pemain memahami apa yang diberikan pelatih. Saya pribadi tidak terlalu khawatir, karena saya sudah siap untuk tim nasional. Kebugaran tidak ada masalah, latihan juga berjalan dengan baik,” ucap Thiva dinukil laman Sabay.

Berita Terkait