Piala AFF 2020, Kurniawan Ungkap Kunci jika Timnas Indonesia Ingin Juara

Legenda timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, mengungkapkan faktor kunci yang bisa membawa skuad Garuda juara di Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia akan berjuang di Piala AFF 2020. Turnamen antarnegara Asia Tenggara itu dijadwalkan berlangsung pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Skuad Garuda tergabung di Grup B bersama sang juara bertahan Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

Timnas Indonesia telah berlaga di Piala AFF sejak kompetisi masih bernama Piala Tiger pada tahun 1996.

Menilik sejarah dari 12 edisi Piala AFF, timnas Indonesia telah masuk final sebanyak lima kali pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Sayang, timnas Indonesia selalu tak berhasil keluar sebagai juara sehingga menjadi tim spesialis runner-up di Piala AFF.

Skuad Garuda saat ini berada di bawah asuhan pelatih yang memimpin Korea Selatan di Piala Dunia 2018, yakni Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong membawa 30 personel ke Singapura untuk berjuang di Piala AFF.

Bersama Shin Tae-yong, generasi baru skuad Garuda telah terbentuk dengan mayoritas diisi pemain muda.

Skuad timnas Indonesia juga dikombinasikan dengan pemain-pemain yang merumput di luar negeri seperti Elkan Balggott (Ipswich Town), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), dan Egy Maulana Vikri (FK Senica).

Sebelum melakoni Piala AFF, Evan Dimas dkk telah melakukan pemusatan latihan (TC) di Turki pada November 2021.

Selain menjalani TC untuk memperkuat fisik dan mematangkan strategi, skuad Garuda juga melakukan tiga partai uji coba demi menyambut Piala AFF.

Timnas Indonesia memulai uji coba dengan tak impresif usai kalah 0-1 dari Afghanistan.

Namun, pasukan Shin Tae-yong dapat bangkit dengan mencukur Myanmar 4-1 dan meraih kemenangan telak 4-0 atas klub lokal, Antalyaspor.

Generasi baru Garuda kini memegang harapan masyarakat Indonesia yang sudah haus akan gelar juara.

Kurniawan Dwi Yulianto memiliki pandangan tersendiri soal kans timnas Indonesia untuk menjuarai Piala AFF 2020.

Striker legendaris Indonesia itu menilai bahwa semua tim memiliki kesempatan yang sama.

Namun, menurut Kurniawan, tampil maksimal dengan menganggap semua laga sebagai partai final bisa menjadi kunci yang bisa membawa Garuda juara.

“Semua tim punya peluang yang sama dan saya sebagai pencinta timnas tentunya mendoakan agar timnas kita bisa juara, Aamiin,” kata Kurniawan kepada Kompas.com, Kamis (2/12/2021).

“Saya rasa coach STY sudah meracik taktik dan strategi untuk berlaga di Piala AFF. Mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik.”

“Semua pemain harus bekerja keras, fokus, dan menganggap semua pertandingan sebagai final match karena ini adalah turnamen.”

“Jadi, harus benar-benar siap mental dan fisik karena jadwal pertandingan cukup dekat,” ujar pencetak 14 gol dari 21 penampilan di Piala AFF/Piala Tiger tersebut.

Kurniawan Dwi Yulianto juga memberikan tanggapan soal pemain timnas Indonesia yang berpotensi bersinar di Piala AFF 2020.

Pemilik 59 caps dan 33 gol bagi timnas Indonesia itu tak menyebutkan nama tertentu.

Dia mengatakan bahwa hal terpenting adalah bermain sebagai tim.

“Bagi saya, keberhasilan tim yang lebih utama. Jadi, teamwork lebih penting daripada individual,” tambah Kurniawan.

“Kalau memang ada yang bersinar itu bonus. Karena menurut saya, keberhasilan tim adalah yang lebih utama.”

Timnas Indonesia akan memulai perjuangan di Piala AFF 2020 dengan melawan Kamboja di Bishan Stadium, Kamis (9/12/2021) malam WIB.