Persipura 0-2 Bhayangkara FC: Mutiara Hitam Kembali Tenggelam

Persipura Jayapura kembali merasakan kekalahan, setelah pada dua laga sebelumnya, mereka mampu meraih poin hasil mengalahkan TIRA Persikabo kemudian bermain imbang kontra PSM Makassar.

Hasil tersebut dirasakan oleh Persipura pada pekan ke-15 Liga 1 2021/22, menghadapi Bhayangkara FC, di Stadion Moch. Soebroto, Kamis (1/12) petang. Mereka kalah dari The Guardian, dua gol tanpa balas.

Kemenangan ini sangat berarti untuk Bhayangkara yang memang berstatus sebagai raja klasemen. Pasalnya, pada tiga pertandingan sebelumnya, mereka dikalahkan Persita Tangerang, lalu imbang versus PSS Sleman, dan PSIS Semarang.

Jalannya pertandingan memang menjadi milik Bhayangkara arahan pelatih Paul Munster. Sejak babak pertama dimulai, Bhayangkara sudah menekan Mutiara Hitam. Tendangan bebas Anderson Salles nyaris menjadi gol, jika saja Fitrul Dwi Rustapa tak sigap menepisnya.

Sejurus kemudian, Persipura melalui serangan balik bisa saja mencuri keunggulan. Sayang saja penetrasi Ferinando Pahabol ke kotak penalti, tak bisa dilanjutkan Yevhen Bokhashvili dengan baik — meski eks PSS Sleman itu bebas di depan gawang.

Fitrul dibuat sibuk dengan serangan Bhayangkara, namun ia tampil baik, termasuk menggagalkan usaha Dendy Sulistyawan dari dalam kotak penalti setelah mampu mengacak-acak pertahanan dari Persipura.

Pada menit ke-40, Fitrul pun takluk juga oleh Adam Alis. Melaju ke kotak penalti Persipura, Adam dengan tenang meletakkan bola ke tiang jauh, tanpa bisa diantisipasi oleh Fitrul. Skor 1-0 ini bertahan hingga babak pertama rampung.

Bhayangkara masih lebih dominan pada babak kedua, bahkan mereka mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-76, dan lagi-lagi lewat kaki Adam Alis. Berawal dari tendangan bebas Renan Silva yang akhirnya mampir ke kaki Adam, dengan tenang eks Persija Jakarta itu mencetak gol keduanya.

Kedudukan 2-0 untuk Bhayangkara bertahan hingga pertandingan selesai. Hasil ini membuat Bhayangkara mampu memperlebar jarak dari posisi kedua Arema FC, Persib Bandung, dan Bali United. Bhayangkara memiliki 33 poin dari 15 laga, sementara Arema 49 poin, lalu Persib dan Bali United 48 poin, dari 14 penampilan.