Krisis Pemain Pilar, PSM Tetap Optimistis Bisa Kalahkan Persela

Careteker Pelatih , Syamsuddin Batola optimis tim asuhannya meraih kemenangan saat bersua Persela Lamongan pada laga pekan ke-15 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Kamis (2/12/2021).

Absennya sejumlah pemain pilar tak membuat risau eks bek PSM Makassar ketika meraih trofi juara Liga Indonesia 1999/2000 ini.

Seperti diketahui, tiga pemain pilar PSM, , Syukur dan Hasim Kipuw dipastikan absen karena terjerat akumulasi kartu kuning. Situasi yang dihadapi Syamsuddin bertambah sulit setelah Serif Hasic dan Yacob Sayuri masih menjalani perawatan intensif sehingga diragukan bisa tampil pada laga kontra Persela, besok malam.

Menurut Syamsuddin, dirinya sudah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi kondisi minor ini. Di antaranya, menekankan kepada pemain agar meminimalisir kesalahan saat menghadapi Persela.

“Saya juga bilang ke para pemain agar memanfaatkan kesempatan bila mendapatkan menit bermain dengan tampil optimal dan semangat. Semoga hasilnya lebih baik dari laga sebelumnya,” tegas Syamsuddin pada sesi jumpa media, Rabu (1/12/2021).

Syamsuddin pertama kali menangani PSM di kompetisi kasta tertinggi ketika Juku Eja bermain imbang 1-1 dengan , Sabtu (27/11/2021). Ketika itu, penampilan Wiljan Pluim dan kolega ini belum sebaik dibandingkan awal musim.

Di lain pihak, Syamsuddin mengungkapkan timnya tak akan melakukan pengawalan khusus pada satu atau dua pemain Persela. Tapi, ia meminta pemainnya langsung mewaspadai pergerakan pemain lawan ketika masuk di area 16 PSM.

“Saya akan mengoptimalkan pemain yang siap. Saya bilang ke pemain, mereka tinggal menjalankan intruksi dan strategi yang disiapkan selama latihan jelang menghadapi Persela Lamongan,” papar Syamsuddin.

Pada kesempatan sama, penyerang sayap PSM, sependapat dengan sang mentor. Menurut saudara kembar , ia dan rekan-rekannya sudah siap menghadapi Persela.

Ia pun menegaskan PSM tidak menjadikan kekalahan Persela dari Persikabo 1972 sebagai acuan untuk mengukur kekuatan tim lawan. Bagi Yance, semua tim peserta BRI Liga 1 memiliki peluang sama untuk meraih kemenangan.

“Sebagai pemain, kami tinggal menjalankan intruksi dari pelatih. Kami juga termotivasi untuk meraih tiga poin atas Persela” tegas Yance.

Laga kontra Persela kemungkinan besar jadi kesempatan pertama buat Yance menjadi starter PSM. Pada laga nanti, ia kemungkinan di plot sebagai bek sayap kanan untuk menggantikan peran Zulkifli Syukur. Sementara di posisi penyerang sayap pengganti Yakob ada pengganti yang setara yakni Rizky Eka Pratama.

Berita Terkait