Mitra Kukar 0-1 Persiba Balikpapan: Beruang Madu Buka Asa Lolos ke Delapan Besar

sukses membuka peluang untuk lolos ke fase perempat final seusai meraih kemenangan pada laga terakhir Grup D melawan Mitra Kukar.

Dalam laga yang digelar di Stadion Batakan, Balikpapan, Rabu (1/12/2021), sukses menundukkan Mitra Kukar dengan skor tipis 1-0.

Satu-satunya gol yang dicetak skuad Beruang Madu pada pertandingan ini tercipta lewat eksekusi penalti Yogi Novrian (63’).

Dengan kemenangan ini, anak asuh Fakhri Husaini berpeluang lolos ke babak delapan besar Liga 2 2021 setelah melejit ke puncak klasemen sementara dengan koleksi 15 poin.

Namun, skuad Beruang Madu masih harus menunggu pertandingan lainnya untuk menentukan kelolosan mereka dari Grup D.

Sementara itu, Mitra Kukar berpeluang terdegradasi dari Liga 2 andai PSBS Biak mampu meraih kemenangan pada laga terakhir Grup D.

Babak Pertama

Mitra Kukar langsung mengambil inisiatif serangan sejak sepak mula. Mereka sukses mendominasi penguasaan bola atas Persiba Balikpapan.

Sementara itu, Persiba belum bisa memainkan skema operan-operan pendek dengan apik di awal pertandingan. Namun, mereka masih sabar untuk merancang serangan.

Kepungan serangan yang terus menerus digencarkan skuad Naga Mekes menghasilkan peluang emas untuk mencetak gol pada menit kelima.

Chaidir Alfionesa mendapatkan bola mentah di area kotak penalti. Sayangnya, sepakan kerasnya masih melambung tinggi di atas mistar gawang Persiba.

Sementara itu, peluang terbaik skuad Beruang Madu baru tercipta pada menit ke-14 melalui eksekusi bola mati Mahir Radja.

Sayangnya, sepakan keras yang dilesakkan Mahir Radja masih mampu dihalau dengan baik oleh penjaga gawang Mitra Kukar, Alex Sander.

Dalam tempo dua menit, Mitra Kukar nyaris membuka keunggulan saat terjadi kemelut di area pertahanan Persiba Balikpapan. Namun, penyelesaian akhirnya masih belum maksimal.

Pada menit ke-27, skuad Naga Mekes nyaris saja menjebol gawang Persiba karena blunder yang dilakukan oleh penjaga gawang Rafit Ikhwanudin.

Bola yang jatuh di kaki Reza Kusuma disodorkan ke gawang skuad Beruang Madu yang sudah tanpa pengawalan. Namun, sebelum bola melewati garis gawang, bek Persiba masih sigap melakukan sapuan.

Berbagai peluang yang didapatkan skuad Naga Mekes dan Beruang Madu sama-sama berakhir dengan nihil. Belum ada satu pun yang sukses dikonversi menjadi gol.

Hingga waktu turun minum tiba, kedua tim masih belum mampu memecah kebuntuan. Skor kaca mata berakhir untuk Mitra Kukar dan Persiba Balikpapan.

Babak Kedua

Pada awal babak kedua, pelatih Persiba Balikpapan, Fakhri Husaini, melakukan penyegaran di atas lapangan. Sejumlah pemain dimasukkan untuk menambah tenaga.

masuk menggantikan Mahir Radja, sedangkan masuk menggeser Mariando Uropmabin.

Hal serupa juga dilakukan oleh Mitra Kukar. Dua pemain dimasukkan, yakni Airlangga Sucipto dan Rifan Nahumarury. Mereka mengganti Dennish Diaz dan Mohammad Ansori.

Setelah berusaha maksimal untuk memecah kebuntuan, upaya anak asuh Fakhri Husaini akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-63.

Muhammad Yogi Novrian sukses memaksimalkan tugasnya dengan sempurna seusai ditunjuk menjadi algojo penalti. Gol ini membawa Persiba unggul 1-0 atas Mitra Kukar.

Setelah tertinggal satu gol, skuad Naga Mekes sebetulnya mendapat sejumlah peluang untuk menyamakan kedudukan. Namun, belum ada satu pun yang sukses dikonversi menjadi gol.

Skuad asuhan belum berhenti melancarkan serangan untuk memecah kebuntuan. Sebab, jika kalah, mereka bisa saja terdegradasi dari Liga 2.

Sayangnya, hingga babak kedua berakhir, tidak ada satu pun upaya skuad Naga Mekes yang membuahkan hasil. Skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Persiba.

Daftar Susunan Pemain

Mitra Kukar (4-3-3): Alex Sander; Lucky Octavianto, Teguh Pangestu, Saepuloh Maulana, Rendy Siregar; Chaidir Alfionesa Saputra, M Reza Kusuma, Anindito Wahyu; Dennis Diaz, Sugiyanto Baitul Rohman, Mohammad Ansori.

Pelatih: Asep Suryadi

Persiba Balikpapan (4-3-3): Rafit Ikhwanudin; M Irvan Febrianto, Ngurah Trisnajaya, Imam Mahmudi, Said Marjan; Bryan Cesar, Yusuf Effendi, Mahir Radja; Indra Setiawan, M Yogi Novrian, Mariando Uropmabin.

Pelatih: Fakhri Husaini

Berita Terkait