Hujan Kartu, Duel PSM Makassar Versus Persipura Jayapura Berakhir Imbang

PSM Makassar dan Persipura Jayapura harus puas bermain imbang 1-1 dalam pertandingan yang diwarnai hujan kartu kuning di Stadion Sultan Agung, Bantul, Sabtu (27/22) malam WIB, pada pekan ke-14 Liga 1 2021/22.

Permainan keras antara PSM dan Persipura ini memaksa wasit Nusur Fadillah sepuluh kali mengeluarkan kartu kuning dari kantongnya. Masing-masing tim mendaaptkan lima kartu kuning.

Hasil imbang ini membuat PSM mengumpulkan nilai 18, dan naik satu tangga ke peringkat sembilan klasemen sementara menggusur . Sementara Persipura tetap berada di zona merah, atau satu strip di atas juru kunci , dengan sembilan angka.

PSM mengambil inisiatif menyerang lebih dulu selepas wasit meniup peluit kick-off. Permainan agresif PSM ini membuat Persipura tidak dapat mengembangkan permainan. Bahkan Yakob Sayuri sudah menebar ancaman di menit ketiga, tapi sontekannya tidak menemui sasaran.

Upaya PSM untuk membuka keunggulan terlebih dulu akhirnya terwujud melalui eksekusi penalti Anco Jansen pada menit ke-13. Hadiah penalti diberikan wasit menyusul pelanggaran David Rumakiek terhadap Jansen.

Persipura yang mencoba menyamakan kedudukan tetap mengalami kesulitan mengembangkan permainan. Bahkan PSM kembali mendapatkan peluang untuk mengubah papan skor, tapi tendangan Jansen menerima umpan silang Ilham Udin Armaiyn masih terlalu lemah, sehingga dapat diamankan kiper Fitrul Dwi Rustapa dengan mudah.

Mutiara Hitam baru bisa keluar dari tekanan selepas laga berjalan setengah jam. Mereka akhirnya sukses menyamakan kedudukan di menit ke-34. Umpan pendek Hedipo Gustavo diselesaikan Ferinando Pahabol dengan tendangan melengkung yang tak bisa dijangkau Hilman Syah.

Persipura pun mulai menguasai permainan. Hedipo memperoleh peluang di menit ke-38, tapi sepakannya diblok kiper. Menjelang babak pertama berakhir, umpan Pahabol disambut tandukan Takuya di depan gawang, namun melenceng di sisi kanan, sehingga skor 1-1 tetap bertahan.

Permainan terbuka antara PSM dan Persipura tidak mengalami perubahan di babak kedua. Setelah tidak banyak menghadirkan peluang, Persipura memperoleh kans untuk membalikkan keadaan di menit ke-64. Sayangnya, tendangan bebas Hedipo yang menghadirkan kemelut tidak bisa dimanfaatkan Yehven Bokhashvili, karena sontekannya di dekat tiang gawang justru melenceng.

PSM selanjutnya mendapatkan dua peluang berturut-turut melalui Yakob. Kans pertama diperoleh Yakob pada menit ke-67, tapi dapat dipatahkan kiper. Selang satu menit kemudian Yakob terlambat menyambut umpan .

Persipura memberikan respons pada menit ke 75. Sayangnya tendangan Pahabol masih mengenai mistar. Pahabol sepertinya tidak dipayungi keberuntungan di babak kedua. Sebab, tendangannya di menit ke-86 kembali menghajar mistar gawang yang membuat kapten Persipura ini bertelak pinggang sambil menggelengkan kepala.

Menjelang pertandingan berakhir, Persipura mendapat peluang emas untuk tampil sebagai pemenang. Sayangnya, Bokhashvili yang berdiri bebas ketika menerima umpan Pahabol malah membuang peluang itu, karena sepakannya melenceng. Skor imbang 1-1 pun akhirnya menutup pertandingan.

Berikut susunan pemain kedua tim:

PSM: ; Zulkifli Syukur, , , Abdul Rachman, M Arfan, Bakri, , Ilham Udin Armaiyn, Yakob Sayuri, Anco Jansen.

Persipura: Fitrul Dwi Rustapa; David Rumakiek, Israel Wamiau, Brian Fatari, Nelson Alom, M Tahir, , Hedipo Gustavo, Elisa Basna, Ferinando Pahabol, Yevhen Bokhashvili.

Berita Terkait